5 Kapal Selam Paling Mengerikan di Dunia

5 Kapal Selam Paling Mengerikan di Dunia

Tim - detikInet
Kamis, 29 Apr 2021 17:00 WIB
Kapal selam termahal
Foto: Wikipedia
Jakarta -

Kapal selam menjadi andalan Angkatan Laut untuk menyerang lawan. Tak heran jika berbagai negara berlomba membuat kapal selam yang paling canggih sekaligus mematikan dengan senjata yang dibawanya.

Terdapat beberapa versi mengenai kapal selam apa saja yang dianggap paling mematikan atau mengerikan. Berikut beberapa di antaranya yang dikutip detikINET dari berbagai sumber, Kamis (29/4/2021):

1. Seawolf Class - Amerika Serikat

Kapal selam Seawolf Class milik Angkatan Laut Amerika Serikat banyak dinilai sebagai yang paling mengerikan saat ini. Kapal selam ini awalnya ditujukan untuk menghadang kapal selam Uni Soviet yang dibekali rudal balistik.

Awalnya akan dibuat banyak unit, akhirnya hanya 3 unit yang beroperasi saat ini karena harganya yang mahal, sekitar USD 3 miliar. Salah satu keunggulannya adalah mampu melaju dengan sangat sunyi, bahkan disebut paling sunyi di dunia.

Kebanyakan kapal selam perlu menurunkan kecepatan sampai 5 knot untuk menghindari deteksi sonar. Sedangkan Seawolf Class mampu melaju sampai 20 knot tanpa terlacak lokasinya. Selain itu, Seawolf Class dapat menyelam sampai sedalam 487 meter.

Sebagai senjata, kapal selam tenaga nuklir ini memiliki delapan tabung torpedo 660 mm. Tabung-tabung ini digunakan untuk meluncurkan torpedo Mk.48 dan rudal anti-kapal Sub-Harpoon. Tabung torpedo juga digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah serang darat Tomahawk yang mematikan.

2. Virginia Class - Amerika Serikat

Kapal selam jenis Virginia Class milik Amerika Serikat, didesain sebagai alternatif Seawolf Class yang lebih murah, lebih kecil tapi lebih lincah. Tingkat kesunyiannya diklaim mampu menandingi Seawolf Class.

Di sistem persenjataannya, kapal selam kelas Virginia Class dilengkapi dengan 12 tabung Vertical Launch System (VLS), di mana platform ini digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah serangan darat Tomahawk dengan jangkauan 1.700 kilometer.

Selain itu, terdapat pula empat tabung torpedo 533 mm yang dapat digunakan untuk menembakkan total 26 torpedo kelas berat Mk.48 dan rudal anti-kapal Sub-Harpoon.

Bahkan di masa depan, militer AS berencana membenamkan senjata laser energi tinggi di kapal selam Virginia Class ini. Tentu jika jadi kenyataan, kemampuan serangan bakal makin mengerikan.

3. Astute Class - Inggris

Angkatan Laut Inggris antara lain mengandalkan kapal selam Astute Class ini yang bertenaga nuklir. Ia didesain jauh lebih sukar terlacak dibandingkan generasi kapal selam sebelumnya, Trafalgar Class. Selain itu, bisa menampung lebih banyak persenjataan.

Kapal selam Astute Class dibekali dengan enam tabung torpedo 533mm, dan bisa membawa campuran rudal dan torpedo. Selain itu, terdapat rudal jelajah serangan darat Tomahawk Block IV yang memiliki jangkauan 1.700 kilometer dan dapat menargetkan kapal musuh serta target darat.

AL Inggris sendiri mengklaim kapal selam Astute Class sebagai kapal selam mereka yang terbesar, tercanggih dan paling powerful dalam sejarah Angkatan Laut negara kerajaan itu.

Kapal selam Astute Class mulai beroperasi penuh di Mei 2014 sehingga bisa dikatakan sebagai salah satu generasi terbaru kapal selam di dunia.

Halaman selanjutnya: Kapal selam Prancis dan Rusia...