Viral Patungan Kapal Selam, Cek Dulu Harganya

Viral Patungan Kapal Selam, Cek Dulu Harganya

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 27 Apr 2021 17:34 WIB
Dua kapal selam KRI Ardadedali-404 (depan) dan KRI Alugoro-405 (belakang) bersandar di Dermaga Faslabuh Selat Lampa Pangkalan TNI AL Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (6/4/2021). Panglima TNI meresmikan sekaligus mengukuhkan Komandan KRI Alugoro-405 yang akan dioperasikan di jajaran Komando Armada (Koarmada) II dan meresmikan Stasiun Bantu kapal selam serta melakukan peletakan batu pertama pembangunan markas Guspurla Koarmada I di wilayah Natuna. ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/wsj.
KRI Alugoro-405 buatan Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)
Jakarta -

Ajakan patungan kapal selam viral di media sosial. Tapi, sudah tahu belum berapa harganya?

Postingan Instagram medsos Masjid Jogokariyan yang di-endorse Ustaz Abdul Shomad menjadi viral, yang isinya ajakan patungan kapal selam untuk mengganti KRI Nanggala-402 yang tenggelam. Masyarakat memang sedang bersimpati dengan tragedi yang terjadi.

"RAKYAT BERSATU. JAGA KEDAULATAN LAUT KITA. Open Donasi Patungan Rakyat Indonesia Untuk Pembelian Kapal Selam Pengganti Nanggala 402 Bersama Masjid Jogokariyan Jogja," tulis UAS dalam akun Instagramnya seperti dilihat detikINET, Selasa (27/4/2021).

Kabar terbaru, pihak Masjid Jogokariyan mengatakan sudah menghimpun uang sampai Rp 360 juta pada Selasa siang. Harapannya, lebih banyak lagi uang terkumpul.

"Sampai ini tadi jam 12 sudah mencapai Rp 360 juta. Mudah-mudahan sore ini sudah Rp 400 juta," kata Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan M Jazir Asp.

Hmm, memangnya berapa harga kapal selam? Dalam penelusuran detikINET, harga kapal selam memang bermacam-macam.

Predikat kapal selam militer termahal dipegang oleh Triomphant Class saat ini. Dioperasikan oleh Angkatan Laut Perancis, ongkos produksinya mencapai sekitar USD 4,2 miliar atau sekitar Rp 54 triliun.

Kalau mau beli yang seperti KRI Nanggala-402, berapa harganya? Perlu diketahui, KRI Nanggala-402 adalah dari jenis Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Type 209/1400 buatan Kiel, Jerman tahun 1981.

Tapi jangan khawatir, tidak usah jauh-jauh ke Jerman untuk membelinya. Karena, Indonesia sudah sanggup membuat sendiri kapal selam Type 209 di PT PAL. KRI Alugoro-405 adalah Type 209/1400 yang terbaru tahun 2021, lebih bagus dari KRI Nanggala-402 dan buatan dalam negeri dari hasil proses transfer teknologi Jerman ke Korea Selatan lalu ke Indonesia.

Perkara harga, memang tidak diungkap ke publik. Indo-Pacific Defense Forum menuliskan, waktu Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) mendapat kontrak membuat 3 kapal selam Type 209/1400, nilainya adalah USD 1,07 miliar (Rp 15 triliun).

Nilai ini bukan cuma untuk kapalnya, tapi termasuk segala hal yang dibutuhkan untuk transfer teknologi ke PT PAL Indonesia dari pembangunan fasilitas kapal selam, on job training dan SDM. Kasarnya, Rp 5 triliun per kapal selam plus pendukungnya.

Satu-satunya momen ketika harga kapal selam Type 209 dibuka ke publik pernah ditulis armedforces.co.uk. Afrika Selatan membeli 3 kapal selam Type 2019/1400 langsung dari Jerman. Harganya adalah USD 285 juta (Rp 4,1 triliun) untuk kapal selamnya saja.

Bagaimana netizen, sudah tidak penasaran dengan harganya kan?



Simak Video "Bantu Pencarian KRI Nanggala, Malaysia dan Singapura Kerahkan Kapal"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)