Harga Kapal Selam Ini Termahal di Dunia, Tembus Rp 54 Triliun!

Harga Kapal Selam Ini Termahal di Dunia, Tembus Rp 54 Triliun!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 27 Apr 2021 16:37 WIB
Kapal selam Triomphant Class
Kapal selam Triomphant Class. Foto: Sea Forces
Jakarta -

Kapal selam militer apa yang beroperasi pada saat ini dan harganya termahal di dunia? Ternyata harga kapal selam tertinggi bukan milik Angkatan Laut Amerika Serikat melainkan Prancis. Sebutannya adalah Triomphant Class.

Triomphant Class terdiri dari 4 jenis. Kapal selam pertama bernama sama, Le Triomphant, diluncurkan tahun 1994 dan telah bertugas sejak 1997. Sedangkan versi terbaru dinamakan Le Terrible, bertugas di lautan sejak 20 September 2010 dan juga paling mahal harganya.

Le Terrible ini biaya pembuatannya ditaksir mencapai 3,1 miliar Euro atau sekitar Rp 54 triliun. Memang kapal selam ini punya kemampuan tempur yang dahsyat.

Pertama-tama, senjatanya adalah rudal balistik nuklir. Le Terrible memakai versi terbarunya, M51 SLBM yang dapat menyasar target sampai sejauh 10 ribu kilometer. Berarti, daratan China atau Amerika Serikat pun dapat dicapainya. Terdapat 16 rudal balistik jenis ini di dalamnya.

Ada pula rudal anti kapal Exocet yang lama diandalkan Perancis dalam berbagai operasi militer. Rudal ini dapat menembak kapal sasaran sampai sejauh 200 kilometer.

Harga kapal selam ini mahal salah satunya karena sumber dayanya pun nuklir sehingga bisa dikatakan dapat menjelajah di dalam lautan tanpa batas. Secara teori, kapal Triomphant Class dapat beroperasi terus menerus tanpa henti selama 25 tahun.

Menurut Military Today yang dikutip detikINET, Selasa (27/4/2021) kapal selam jenis ini begitu besarnya. Le Terrible sendiri beratnya mencapai 12.640 ton di permukaan air. Sedangkan panjangnya 138 meter dan dapat menampung lebih dari seratus awak kapal.

Kapal selam ini dapat beroperasi di kedalaman lebih dari 400 meter. Walaupun ukurannya gambot, ia dapat melaju cepat sampai 46 kilometer per jam di bawah laut.

Kapal selam tersebut dibuat oleh perusahaan pertahanan Perancis, Naval Group. Harga kapal selam ini memang begitu mahal, tapi dianggap sebanding untuk menjaga supremasi Angkatan Laut Perancis di samudera dan bersaing dengan negara militer besar lain seperti AS dan Inggris.

Mau patungan beli kapal selam ini, detikers?



Simak Video "53 Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur Akan Diberi Kenaikan Pangkat"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)