Netizen Makin Alim, Pengguna Jadwal Shalat Naik 12X di Tokopedia

Netizen Makin Alim, Pengguna Jadwal Shalat Naik 12X di Tokopedia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 28 Apr 2021 18:13 WIB
ilustrasi salat
Ramadhan, netizen makin alim. Foto: iStock
Jakarta -

Ramadhan ini kebiasaan masyarakat semakin baik dan alim. Terlihat dari jumlah zakat mal yang meningkat 2x dibanding 2019 dan pengguna jadwal shalat yang notifikasinya naik 12x lipat. Alhamdulillah!

Astri Wahyuni Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia menjelaskan dalam peluncuran fitur Wakaf Uang, Rabu (28/4/2021), bahwa sejak diluncurkan, pengguna aktif bulanan Al-Qur'an digital pun juga naik. Naiknya hingga 35x lipat.

"Fitur Wakaf baru diluncurkan hari ini. Mungkin sebagai gambaran, potensinya ya. Kita lihat 2020 masyarakat yang donasi di Tokopedia 6,4 x lipat sebelum pandemi. Kita lihat ini sebagai potensi. Zakat mal meningkat 2x lipat dibanding 2019, selain itu sepanjang tahun mencatat pengguna Tokopedia untuk donasi dan zakat mencapai Rp 80 miliar," jelas Astri.

Ketua Pusat Kajian dan Transformasi Digital Badan Wakaf Indonesia, Irfan Sauqy Beik, Ph.D menyambut fitur Wakaf Uang dari Tokopedia. Menurutnya teknologi memang sudah sepatutnya dimanfaatkan juga untuk urusan berbuat baik dan beribadah di era sekarang.

"Teknologi harus makin kita optimalkan dalam menunaikan ibadah. Ini adalah satu keniscayaan, di satu sisi lain teknologi bisa meningkatkan pengelolaan yang lebih kredibel dan transparan," ujar Irfan.

Masih kata Irfan, kolaborasi Tokopedia merupakan bagian dari ikhtiar ini. Apalagi dalam ajaran Islam, berbuat baik kan tidak pernah ada batasan. Dengan teknologi, siapa saja bisa berwakaf dengan nominal mulai Rp 10 ribu sampai Rp 100 juta.

"Kalau orang tahu apa itu wakaf apa manfaatnya pasti akan tergerak untuk wakaf, di era ini kita harus memanfaatkan semua media. Kalau orang tahu 'wah ternyata dari 100 ribu yang saya wakafkan saya bisa membuat orang melihat lagi' itu akan membuat orang senang," tutupnya.



Simak Video "Penjelasan Tokopedia soal Harga Produk Jadi Rp 0"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)