Amal Jariyah Wakaf Bisa di Tokopedia, Minimal Rp 10 Ribu

Amal Jariyah Wakaf Bisa di Tokopedia, Minimal Rp 10 Ribu

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 28 Apr 2021 16:30 WIB
Ilustrasi dompet digital
Amal kini bisa dilakukan di paltform Tokopedia Wakaf Uang. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Amal jariyah adalah amal yang tiada terputus, tak mengherankan jika amalan ini paling diincar muslim terlebih di bulan Ramadhan. Kini, Tokopedia meluncurkan layanan Wakaf Uang dengan beragam nominal yang bisa kamu sisihkan. Kamu bisa wakaf mulai Rp 10 ribu sampai dengan Rp 100 juta.

Prof Dr dr Ir H Mohammad Nuh, DEA, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang diajak oleh Tokopedia.

"Selalu ada dan selalu bisa, itulah krarakteristik digital, memungkinkan yang tidak mungkin. Tokopedia itu ingin wakaf yang susah diambil alih menjadi mudah, bukan saja mudah tapi saya tambahkan lagi bisa kita nikmati," katanya dalam acara peluncuran fitur Wakaf Uang Tokopedia, Rabu (28/4/2021).

Hadirnya fitur Wakaf Uang Tokopedia menjadikan hal ini lebih fleksibel karena memanfaatkan platform digital. Selain dampak yang luar biasa, akuntabilitas dalam mengelola kumpulan wakaf juga lebih terjamin.

"Ini sangat membahagiakan, Tokopedia dengan 100 juta transaksi tiap hari, bayangkan jika hampir 10% (dari jumlah transaksi per hari) dikali Rp 10 ribu saja, itu sudah sangat luar biasa," ujar Mohammad Nuh.

Astri Wahyuni Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia juga turut serta menyampaikan pandangan Tokopedia sebagai pengagas fitur Wakaf Uang. Ia pun menyampaikan alasannya.

"Tokopedia ingin mewujudkan superekosistem, salah satunya berwakaf. Kami sadar harus bermitra dengan banyak pihak supaya makin banyak lagi yang ikut," kata Astri.

Berikut daftar program penyaluran dana wakaf sebagaimana dilansir website Tokopedia:

  • 1.000 Wakaf Sumur ke Seluruh Pelosok Negeri
  • Pembangunan Rumah Sakit dan Alat Kesehatan untuk Dhuafa
  • Wakaf Produktif Lahan Pertanian se Indonesia
  • Pembangunan Lembaga Pendidikan Non Formal
  • Pembangunan Masjid dan Pesantren

"Wakaf ini seperti amal jariyah akan terus mengalir ke kita, kami berharap dengan kemudahan nominal ini masyarakat bisa mulai menyisihkan mulai dari Rp 10 ribu. Karena kami sebuah ekosistem, ada banyak metode pembayaran. Kami bermitra dengan BWI, Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat dan masyarakat bisa memilih ke mana mereka menyalurkan uang," tandas Astri.



Simak Video "Tren Transaksi Tokopedia di Papua Meningkat di Kuartal II 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)