8 Startup Indonesia Bakal Digembleng Google

8 Startup Indonesia Bakal Digembleng Google

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 15 Apr 2021 15:11 WIB
Workers move a Google logo during the opening of the new Alphabets Google Berlin office in Berlin, Germany, January 22, 2019. REUTERS/Hannibal Hanschke
Foto: Reuters
Jakarta -

Google mengumumkan delapan startup Indonesia yang berhasil terpilih mengikuti program raksasa internet asal Mountain View, Amerika Serikat, tersebut.

Google berkomitmen untuk mendorong ekosistem startup teknologi di Indonesia dengan meluncurkan program Google for Startup Accelerator di Indonesia pada bulan Februari lalu.

Kedelapan startup yang terpilih ini bergerak di bidang kesehatan, pendidikan, hingga platform online yang membantu mendorong kebiasaan daur ulang, atau mendorong pertumbuhan komunitas nelayan, serta UKM di bidang pertanian.

"Kedelapan startup Indonesia yang terpilih ini menunjukkan keragaman komunitas startup di Indonesia, serta cara kreatif mereka menggunakan teknologi untuk membantu menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi lokal," ujar Google dalam siaran persnya, Kamis (15/4/2021).

Berikut daftar startup selengkapnya:

  • aido health: platform pelayanan kesehatan yang menghubungkan penggunanya ke jaringan klinik, rumah sakit, dan apotek - memberikan pelayanan kesehatan yang mudah diakses dan berkualitas tinggi melalui aplikasi seluler.
  • Aruna: platform industri perikanan terintegrasi terbesar di Indonesia yang menghubungkan nelayan lokal secara langsung dengan pelanggan - meningkatkan mata pencarian nelayan melalui perdagangan yang adil, kelestarian ekosistem laut, dan akses ke makanan laut berkualitas bagi masyarakat.
  • CROWDE: startup teknologi keuangan dengan fokus di bidang pertanian yang memberdayakan petani di Indonesia melalui akses ke modal dan teknologi yang terintegrasi dengan ekosistem pertanian - mengoptimalkan biaya, produktivitas, dan dan meningkatkan taraf hidup petani-petani kecil.
  • Duitin: platform digital pengelolaan sampah di Indonesia yang mempromosikan kelestarian lingkungan dengan mendorong kebiasaan daur ulang dengan memberikan manfaat sosial dan ekonomi.
  • Pahamify: platform belajar online untuk siswa sekolah dasar dan menengah di Indonesia yang memberikan solusi persiapan ujian serta pengalaman belajar yang dipersonalisasi dan telah digamifikasi.
  • Pintek: startup teknologi keuangan yang berfokus pada pendidikan yang mendemokratisasi akses ke pendidikan berkualitas di Indonesia melalui pemberian kredit yang terjangkau dan fleksibel.
  • PrivyID: penyedia identitas dan tanda tangan digital yang memberikan pengalaman orientasi dan autentikasi pelanggan dengan lancar
  • TeleCTG (sehati): platform perawatan kesehatan digital dengan perangkat medis terhubung yang meningkatkan akses ke perawatan kesehatan kaum ibu yang berkualitas di pedesaan Indonesia.

Google juga mengumumkan Kumpul ikut menjadi mitra program dengan harapan dapat membantu 8 startup ini untuk tumbuh dan mengembangkan bisnisnya sambil terus memberikan solusi inovatif guna menciptakan perubahan positif di Indonesia dan sekitarnya.



Simak Video "Refleksi Google di Ulang Tahun ke-23"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)