Akun Twitter Abu Janda Hilang

Akun Twitter Abu Janda Hilang

Tim - detikInet
Jumat, 09 Apr 2021 18:40 WIB
Abu Janda penuhi panggilan Bareskrim soal rasisme ke Natalius Pigai (Dyas/detikcom)
Abu Janda saat di Bareskrim soal rasisme ke Natalius Pigai (Dyas/detikcom)
Jakarta -

Akun Twitter Permadi Arya alias Abu Janda rupanya hilang dari Twitter. Akun ini di-suspend oleh Si Burung Biru.

Abu Janda selama ini dikenal sebagai pegiat media sosial pro pemerintah dengan akun Twitternya @permadiaktivis1. Namun seperti dilihat, Jumat (9/4/2021) akun ini sudah lenyap dari Twitter.

Hanya terpampang tulisan 'Account suspended' disertai keterangan bahwa Twitter menutup akun yang melanggar aturan Twitter. Di situ ada link menuju Twitter Rules.

Di laman aturan itu dijelaskan Twitter akan menutup akun yang mengandung kebencian, kekerasan, ekstremisme, pelecehan, menyakiti diri, konten sensitif atau ilegal, manipulasi, pelanggaran hak cipta, mengganggu integritas masyarakat sipil dan beberapa hal lainnya. Tidak ada penjelasan Permadi Arya melanggar aturan yang mana.

Apakah blokir akun Twitter Abu Janda terkait dengan proses hukumnya? Hal itu juga belum jelas betul.

Terakhir, Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim soal cuitan 'evolusi' kepada Natalius Pigai. Selain itu, Abu Janda juga dilaporkan soal cuitan 'Islam arogan' membalas cuitan Tengku Zul.

Abu Janda dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 27 ayat (3) dan/atau Pasal 45 A ayat (2) juncto Pasal 25 ayat (2) dan/atau Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Kebencian atau Permusuhan Individu dan/atau Antargolongan (SARA), Pasal 310 dan/atau Pasal 311 KUHP.

Polri memastikan kasus dugaan rasisme dalam cuitan 'evolusi' Permadi Arya atau Abu Janda kepada Natalius Pigai tetap diproses walaupun keduanya sudah bertemu. Natalius Pigai dan Abu Janda memang bertemu pada Senin (8/2) di sebuah hotel di Senayan, Jakarta Pusat.

"Masih berjalan. Yang jelas masih dilakukan upaya-upaya yang dilakukan Bareskrim Polri untuk menindaklanjuti kasus yang menyangkut Abu Janda. Nanti kita lihat perkembangan itu semua ke depannya," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Rabu (3/3) silam.



Simak Video "PKS di Rapat Paripurna: Apakah Abu Janda Dibayar Dengan APBN?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)