Bikin Terharu, Iklan Vaksin Google Ditonton 10 Juta Kali

Bikin Terharu, Iklan Vaksin Google Ditonton 10 Juta Kali

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 07 Apr 2021 09:06 WIB
Google
Foto: Screenshot YouTube
Jakarta -

Jika biasanya iklan dianggap mengganggu, yang satu ini banyak yang menyukainya karena pesannya sederhana namun sangat menyentuh. Video iklan Google tentang vaksin ini ditonton lebih dari 10 juta kali.

Google berupaya menghibur netizen di tengah situasi pandemi yang belum usai dengan membayangkan jika kita bisa melakukan lagi hal-hal yang disukai seperti dulu, seperti zaman sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Dalam video YouTube berdurasi satu menit ini, Google mendorong publik bisa kembali melakukan berbagai hal yang disukai (Get back to what you love) dengan ilustrasi menggunakan pencarian Google.

Dilihat detikINET, Selasa (6/4/2021), video tersebut saat ini menggaet 10 juta lebih views. Iklan dimulai dengan serangkaian istilah penelusuran yang dilakukan banyak orang di awal pandemi, mulai dari "karantina" (quarantine), "jarak sosial" (social distancing), "lockdown", hingga "pembatasan perjalanan" (restriction de voyage).

Selanjutnya, pencarian beralih dari "celana olahraga" (sweat pants) berubah menjadi "celana" (pants) saja, dan "virtual happy hour" yang dijadwalkan bergeser menjadi notifikasi kalender "happy hour" sebenarnya alias bertemu tatap muka dengan teman-teman.

Demikian juga dengan berbagai acara lainnya yang berlangsung secara virtual selama pandemi, digambarkan mulai berangsur normal dan bisa dilakukan secara langsung dengan penghapusan kata "virtual" pada keyword pencarian.

Selain itu, digambarkan pula lokasi teater di Google Maps berubah dari "tutup sementara" (temporarily closed) menjadi "buka" (open). Penggambaran ini juga didukung latar musik yang tak kalah emosional. Musik yang awalnya sendu dan muram di awal pandemi menjadi semakin ceria sebelum akhirnya mendarat pada deskripsi ketika orang melakukan pencarian "vaksin covid di dekat saya" (covid vaccine near me).

"Meskipun masih banyak ketidakpastian ke depan, vaksin memberi kita alasan untuk berharap," kata Google dalam deskripsi video tersebut.

"Saat vaksin semakin tersedia, Anda mungkin memiliki pertanyaan. Cari 'vaksin covid' untuk mendapatkan fakta tentang itu," sambungnya.

Iklan ini menuai banyak pujian di kolom komentar karena penyampaiannya dinilai sangat kreatif dan membuat terharu. Video tersebut juga banyak dibagikan oleh para pengguna Twitter yang terkesan dengan iklan vaksin yang dibuat Google.




Berikut ini adalah video yang ramai dipuji tersebut. Bagaimana menurut kalian?

[Gambas:Youtube]



(rns/rns)