Head to Head Gothamchess vs Irene Sukandar, Siapa Lebih Jago?

Head to Head Gothamchess vs Irene Sukandar, Siapa Lebih Jago?

Tim - detikInet
Rabu, 31 Mar 2021 13:10 WIB
irene sukandar
Irene Sukandar. Foto: Instagram @irene_sukandar
Jakarta -

Grand Master Irene Sukandar bakal duel menghadapi GothamChess alias Levy Rozman dalam laga blitz battle. Pertarungan tersebut bakal digelar Rabu (31/3/2021) pukul 22.00 WIB.

Seperti apa profil keduanya? Berikut ulasan singkatnya yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Rabu (31/3/2021):

GothamChess

GothamChess ini adalah nama online, aslinya dia adalah Levy Rozman. Rozman saat ini berusia 25 tahun, ia lahir di Kota New York, Amerika Serikat.

Rozman mulai bermain catur di usia 6 tahun sebagai kegiatan ekstrakurikuler dan berlaga perdana di turnamen catur pada umur 7 tahun. Saat ini, dia memegang titel International Master dan berada di ranking 3.596 dunia.

GothamChessProfil GothamChess. Foto: dok. FIDE

"Saya memainkan turnamen pertama saya ketika berusia 7 tahun dan terus bermain semenjak itu," kata GothamChess seperti dikutip detikINET dari Salon.com. Rating tertingginya adalah 2421 yang dicapai bulan Agustus 2018 dan saat ini ada di angka 2343.

Tahun 2018, mulailah Rozman membangun audiens online. Dia mulai menyiarkan video ilmu catur dan juga mengomentari perlombaan catur. Dari awalnya 10 follower, kini Rozman termasuk pemain catur terpopuler di YouTube dan juga Twitch.

Rozman masuk 6 besar channel catur paling top di YouTube. Ia juga terbantu adanya pandemi Corona yang membuat kegemaran pada catur meningkat. Selain itu meledaknya film Quenn's Gambit juga menarik lebih banyak orang bermain catur.

Beberapa videonya disaksikan lebih dari satu juta kali. YouTube GothamChess kini sudah punya lebih dari 800 ribu subscriber. Rozman aktif pula di Instagram dan Twitter.

Halaman selanjutnya: Irene Sukandar...