Sosok Hikaru Nakamura yang Ungkap Keanehan Dewa Kipas

Sosok Hikaru Nakamura yang Ungkap Keanehan Dewa Kipas

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 30 Mar 2021 13:46 WIB
Ini Peringkat Poin Dewa Kipas Menurut Grandmaster Catur Hikaru Nakamura
Sosok Hikaru Nakamura, GM Catur yang Kuliti Keanehan Dewa Kipas (Foto: chess.com)
Jakarta -

Keanehan permainan catur Dewa Kipas alias Dadang Subur, dibahas oleh Grandmaster catur, Hikaru Nakamura. Dia bukan pecatur sembarangan.

Grandmaster catur, Hikaru Nakamura saat ini menduduki peringkat ke-18 di Chess.com. Dia memiliki peringkat Rapid Chess tertinggi hingga 2900.

Sedikit informasi mengenai Nakamura, dia lahir pada 9 Desember 1978 di Hirakata, Jepang. Ketika usianya dua tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat dan dia memulai debutnya sebagai pecatur profesional.

Sebagai pecatur top dunia, Nakamura berhasil menjadi juara Amerika Serikat sebanyak lima kali pada tahun 2005, 2009, 2012, 2015 dan 2019. Dia juga merupakan peserta dalam turnamen FIDE's World Championship 2004, menjadi kandidat untuk kejuaraan dunia pada tahun 2016 dan pemain blitz dengan rating tertinggi di dunia yakni 2900 FIDE, dilansir detikINET dari Chess.com, Selasa (30/3/2021).

Nakamura menjadi master nasional (USCF) pada 1998, master internasional pada 2001 dan akhirnya menjadi seorang grandmaster pada tahun 2003. Saat itu, dia adalah grandmaster Amerika termuda sejak Bobby Fischer. Selain menjadi pemain blitz dengan peringkat tertinggi di dunia, dia juga termasuk dalam pemain cepat berperingkat tinggi keempat dengan poin 2836.

Dia juga sempat menggemparkan streaming catur pada tahun 2020. Di mana saluran Twitch miliknya telah populer dan menjadi streaming catur yang paling banyak ditonton sepanjang masa. Saat ini, akun Twitch-nya pun telah memiliki 1,2 juta followers. Kepopulerannya berhasil memikat salah satu tim esports profesional di Amerika Serikat.

Hingga pada 27 Agustus 2020, dia menandatangani kontrak dengan TSM dan menjadi pemain catur profesional pertama yang bekerja sama dengan organisasi esports. Kemudian hanya empat bulan setelah menandatangani kontrak, Nakamura berhasil memenangkan penghargaan Creator of The Year dari Chess.com.

Hal ini pun menjadi penutupan tahun 2020 yang gemilang. Nakamura sendiri saat ini menganggap dirinya sebagai streamer profesional dan telah memperkenalkan catur kepada banyak orang di dunia melalui akun Twitch miliknya. Sebagai streamer profesional, dia menjadi pemain sekaligus duta yang luar biasa untuk permainan catur di level tertinggi.

Yang terbaru, Nakamura membuat video YouTube soal analisa pertandingan Dewa Kipas melawan Irene Sukandar dan Dewa Kipas melawan GothamChess. Menurut Nakamura, Dewa Kipas ratingnya antara 1700-1800 alias bukan pemula.

Pertandingan lawan Irene menurutnya normal, namun pertandingan lawan Gothamchess mengejutkannya karena cukup sempurna. Peningkatan rating Dewa Kipas dari 1400 menjadi 2300 dalam satu bulan di Chess.com menurut dia tidak normal. Meski begitu, Nakamura tidak mau menuduh macam-macam dan menyerahkannya pada Chess.com.

"Poin 400 menjadi 1400 bisa terjadi, tapi seperti yang saya katakan, 1400 sampai 2300 tidak pernah terjadi," tambahnya.



Simak Video "GothamChess Komentari Duel Catur Dewa Kipas Vs Irene Sukandar"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)