Daftar Universitas dengan Website dan Medsos Terbaik, Ada Kampus Kamu? - Halaman 2

Daftar Universitas dengan Website dan Medsos Terbaik, Ada Kampus Kamu?

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 19 Mar 2021 18:45 WIB
Studio shot of an attractive young woman looking thoughtful while using a laptop against a blue background
Daftar Universitas dengan Website dan Medsos Terbaik, Kampus Kamu Masuk? (Foto: Getty Images/PeopleImages)

Di Twitter

UI dan UGM memiliki lebih dari satu juta follower di Twitter. Selain UI dan, di posisi berikutnya ada UNPAD (973 ribu), ITB (922 ribu), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan 741 ribu follower.

ITS menjadi universitas yang paling banyak nge-tweet dengan total 84 ribu kicauan. Diikuti oleh UI, Telkom University, dan Universitas Airlangga dengan jumlah rata-rata tweet di atas 26 ribu. UI menggunakan Twitter untuk menyampaikan update terkait kegiatan civitas akademika UI. Selain itu, Twitter juga menjadi media untuk menjawab pertanyaan follower.

UGM menggunakan Twitter sebagai salah satu media promosi portal berita https://ugm.ac.id/id/berita/ yang informasinya juga dapat dinikmati masyarakat umum. Di posisi nomor lima, ada IPB yang memiliki beberapa content pillar di Twitter yang terwakili dengan hashtag #BeritaIPB, #MasukIPB, #SpotIPB, #IPBTips.

website dan medsos kampus terbaik

Di YouTube

ITB menempati posisi pertama sebagai kampus dengan jumlah YouTube subscriber terbesar, yakni 100 ribu (silver play button) dan total video view sebesar 8.5 juta. Salah satu strategi konten yang dilakukan ITB adalah membuat seminar atau Stadium Generale dengan mengundang para ahli di bidangnya.

Berdasarkan data dari Socialblade, Universitas Udayana memiliki channel YouTube paling aktif dengan jumlah video sebanyak 2.618 dan total video views sebesar 1.5 juta. Berikut ini daftar lengkap kampus dengan total subscriber dan video terbanyak.

website dan medsos kampus terbaik


Di LinkedIn

Ada tiga universitas yang memiliki follower terbanyak di LinkedIn, yaitu UGM, ITB, dan UI. Namun tampaknya hanya UGM yang cukup aktif untuk memproduksi konten di jejaring sosial profesional ini.

website dan medsos kampus terbaik

*Artikel ini berdasarkan riset RevoU tentang "Peta Digital Universitas di Indonesia"

(rns/fay)