4 Pekerjaan Digital yang Cocok untuk Milenial Coba

4 Pekerjaan Digital yang Cocok untuk Milenial Coba

Fahri Zulfikar - detikInet
Jumat, 05 Feb 2021 11:11 WIB
young stylish friends using digital devices while standing near brick wall
(Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Masa transisi dari kehidupan kampus ke dunia kerja, menjadi proses penting untuk milenial Z. Inilah 4 pekerjaan digital yang cocok untuk kalian.

Tak heran jika banyak dari milenial Z yang senang untuk mengeksplor kemampuan untuk mempersiapkan diri ke dunia kerja. Salah satu bidang yang sering diincar oleh milenial ialah pekerjaan yang asyik, penuh motivasi, dan cocok dengan kemampuan yang dimiliki.

Apalagi sekarang zamannya serba digital. Nah, berikut ini 4 pekerjaan digital yang cocok untuk milenial coba:

1. Penulis artikel

Pekerjaan satu ini tak hanya tertuju untuk para lulusan bahasa dan sastra saja, lho. Buat kamu yang suka menulis di buku pribadi, blog, atau media sosial juga berpotensi jadi penulis artikel di sebuah media.

Biasanyanya pekerjaan ini mengutamakan kemampuan menulis, menyusun tulisan, hingga wawasan terhadap suatu topik.

Pekerjaan ini cocok untuk milenial yang suka dengan konten-konten seperti konten game, gaya hidup, olahraga, kuliner, hingga wisata. Menarik kan detikers?

2. Content creator

Akrab dengan berbagai media sosial adalah identitas milenial. Bahkan secara tak sadar, banyak dari milenial yang membuat konten-konten kreatif untuk akunnya.

Seperti membuat foto yang menarik, gambar unik, hingga video-video kreatif. Dengan potensi konten yang dibuat, para milenial bisa saja bekerja sebagai seorang content creator, lho.

Pekerjaan content creator banyak dibutuhkan di industri kreatif seperti perusahaan rintisan (Start-Up) hingga perusahaan media.

Tugasnya tentu saja adalah membuat konten-konten yang kreatif untuk menarik audience. Biasanya seorang Content Creator juga bisa berkolaborasi dengan tokoh atau publik figur dalam mengerjakan sebuah proyek. Tertarik?

3. Socmed specialist

Nah, kalo pekerjaan satu ini dari namanya pasti milenial sudah pernah dengar kan? Namun siapa sangka ternyata pekerjaan Socmed Specialist tidak sesederhana yang detikers bayangkan, lho.

Banyak dari milenial yang mengira bahwa bekerja sebagai social media cuma jadi admin saja, padahal Socmed specialist adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola seluruh media sosial perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha marketing, sehingga bisa mendorong angka penjualan.

Tentu menjadi Socmed specialist memiliki tantangan tersendiri untuk para milenial, karena kebiasaan bermain media sosial mereka akan diuji di pekerjaan ini.

4. Reporter

Jika biasanya milenial melakukan selfie atau memotret momen-momen seru dengan HP-nya, maka pekerjaan ini juga cocok untuk mereka.

Yap! Karena menjadi seorang reporter tak hanya soal mencari berita tapi juga menemukan momen-momen penting untuk disebarluaskan menjadi sebuah informasi.

Tentu saja di balik sebuah berita yang tersebar luas ada seorang reporter yang bertugas melakukan peliputan berita di lapangan. Bahkan tak jarang perannya bisa jadi ganda yakni orang belakang layar ketika membuat berita dan orang depan layar saat harus menjadi pewawancara.

Menariknya, sebagai reporter akan memiliki pengalaman bertemu dengan tokoh-tokoh penting ataupun publik figur kenamaan, lho. Wah pasti seru ya?

Nah, buat para milenial usia 17-22 tahun #detikIniBisa memiliki pengalaman kerja menjadi penulis artikel, content creator, socmed specialist, hingga reporter seperti di atas, lho! Penasaran?

Yuk Ikuti Magang Online detikcom Batch 2. Daftar sekarang hanya di aplikasi detikcom.



Simak Video "d'Mentor: Berani Scalping Saham Demi Profit"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)