Signal Kena Blokir di China?

Signal Kena Blokir di China?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 16:16 WIB
Aplikasi Signal
Signal Tak Bisa Diakses di China, Kena Blokir? Foto: (Android Authority)
Jakarta -

Aplikasi messaging Signal dilaporkan tidak bisa diakses di China sejak Selasa (16/3) pagi. Beberapa pengguna di negara tersebut mengatakan mereka harus menggunakan VPN jika ingin menggunakan Signal.

Situs resmi Signal juga sudah tidak bisa diakses di China daratan sejak 15 Maret, berdasarkan data dari situs Greatfire.org. Signal dan Cyberspace Administration of China yang mengurus regulasi internet dan sensor belum memberikan komentarnya atas kejadian ini.

Signal merupakan salah satu aplikasi messaging Barat yang masih bisa diakses di China tanpa menggunakan VPN. Layanan lain seperti Facebook, Twitter dan Instagram telah lama diblokir berkat Great Firewall milik China.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Signal juga sempat tidak bisa digunakan di China tanpa bantuan VPN. Hal ini terjadi tanpa alasan, dan layanan kemudian bisa beroperasi seperti biasa.

Saat ini Signal masih bisa diunduh lewat Apple App Store di China. Hal ini mengindikasikan Apple belum menerima perintah dari otoritas China untuk menghapus Signal dari toko aplikasinya, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (16/3/2021).

Aplikasi besutan Moxie Marlinspike ini memang tidak tersedia di toko aplikasi Android buatan pihak ketiga di China karena Google dan Play Store tidak tersedia di negara tersebut.

Signal memiliki basis pengguna yang tidak terlalu besar di China. Berdasarkan data Sensor Tower, aplikasi ini telah diunduh 510.000 kali lewat App Store. Pengguna internet di China lebih memilih menggunakan WeChat yang menjadi aplikasi messaging paling dominan di Negeri Tirai Bambu.

Tapi secara global Signal mencatat kenaikan jumlah pengguna sejak WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi terbarunya awal tahun ini. Saat ini aplikasi messaging terenkripsi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali di seluruh dunia lewat App Store dan Play Store.

Sistem sensor China alias Great Firewall memang semakin ketat memblokir aplikasi populer. Sebelum Signal, aplikasi audio chat Clubhouse juga diblokir karena menjadi tempat diskusi isu politik yang sensitif.



Simak Video "Aplikasi Signal Pantang Menyerah Meski Diblokir di Iran"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)