Elon Musk Jual Lagu Ciptaannya Sebagai Token Uang Kripto

Elon Musk Jual Lagu Ciptaannya Sebagai Token Uang Kripto

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 17:30 WIB
Elon Musk Lawsuit
Elon Musk Jual Lagu Ciptaannya Sebagai NFT, Seperti Apa? (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Elon Musk ikut-ikutan demam token uang kripto atau non-fungible token (NFT) sampai menciptakan lagu techno tentang aset digital tersebut. Yang lebih mantap lagi, lagu tersebut juga dijual sebagai NFT.

Lagu tersebut diunggah Musk lewat akun Twitter-nya tanpa penjelasan apa-apa. Lagu itu memiliki lirik yang sangat sederhana, hanya kata 'NFT' yang diulang-ulang yang kemudian diikuti suara vokal perempuan yang menyanyikan lirik, "NFT for your vanity, computers never sleep, it's verified, it's guaranteed."

Lagu itu juga diiringi dengan video animasi yang menampilkan trofi berwarna emas dengan berbagai referensi tentang teknologi termasuk ikon anjing dan koin yang sepertinya mewakili Dogecoin, salah satu mata uang digital yang digemari Musk.

Selain itu ada di bagian atas trofi juga terdapat tulisan 'Vanity Trophy' yang berputar-putar mengelilingi sebuah bola. Di bagian bawah trofi terlihat kata HODL, singkatan dari 'hold on for dear life'.

Akronim HODL juga diyakini sebagai slang online yang populer di kalangan komunitas bitcoin karena mendorong pengikutnya untuk tidak menjual aset mereka, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (16/3/2021).

Musk tidak memberikan link penjualan NFT miliknya di cuitan tersebut, jadi tidak diketahui apakah musik itu sudah dijual atau baru akan dijual kemudian. Tidak diketahui platform apa yang dipilih si CEO Tesla untuk menjual lagunya.

Sebagai penggiat mata uang kripto, tidak mengherankan jika Musk ikut terjun ke dunia NFT. NFT sendiri merupakan aset digital unik, biasanya karya seni atau klip video, yang bisa dibeli seseorang dan dicatat di blockchain.

Pembeli NFT nantinya akan mendapatkan tanda terima digital yang membuktikan kepemilikan mereka dan memastikan bahwa aset yang dibeli asli. Tidak seperti mata uang virtual lainnya, NFT tidak bisa ditukar dengan aset yang lain.

Menariknya, istri Musk yang juga musisi, Grimes, belum lama ini menjual koleksi seni digitalnya bertajuk 'WarNymph' sebagai NFT seharga USD 5,8 juta. CEO Twitter Jack Dorsey juga melelang cuitan pertamanya sebagai NFT dengan harga USD 2,5 juta.



Simak Video "Elon Musk dan Grimes Putus!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)