CEO WhatsApp: Apple Tak Ingin Orang-orang Pakai Android

CEO WhatsApp: Apple Tak Ingin Orang-orang Pakai Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 15 Mar 2021 09:45 WIB
Ilustrasi WhatsApp
CEO WhatsApp: Apple Tidak Ingin Orang-orang Pakai Android Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kisruh hubungan Apple dan Facebook karena isu privasi pengguna masih terus berlanjut. Bahkan CEO WhatsApp Will Cathcart juga ikut melontarkan kritikan pedas untuk Apple.

Dalam wawancara di Big Technology Podcast, Cathcart ditanya apakah Apple melihat Facebook sebagai salah satu musuh terbesarnya. Cathcart menjawab Apple ingin semua orang menggunakan iPhone, dan jika mereka menggunakan WhatsApp mereka lebih mudah beralih ke Android.

"Jika melihat tempat seperti Amerika Serikat, sebagian besar orang memiliki iPhone, dan pengalaman messaging bekerja lebih baik di iMessage jika semua orang memiliki iPhone," kata Cathcart, seperti dikutip dari Gadgets Now, Senin (15/3/2021).

"Itu tentu saja kepentingan strategis mereka jika orang-orang tidak menggunakan sesuatu seperti WhatsApp karena mereka ingin orang-orang tidak menggunakan ponsel Android," imbuhnya.

Perseteruan antara Apple dan Facebook salah satunya disebabkan oleh aturan label privasi yang diterapkan di iOS 14. Semua aplikasi yang ada di Apple App Store diwajibkan menaruh label privasi yang menampilkan data pengguna apa saja yang dikumpulkan.

Berdasarkan label privasi ini, WhatsApp dan Facebook Messenger mengumpulkan lebih banyak data ketimbang aplikasi messaging lainnya. Facebook Messenger ternyata mengumpulkan 65 jenis data dan WhatsApp mengumpulkan 16 jenis data.

Aplikasi bawaan iPhone seperti iMessage memang tidak tersedia di App Store, tapi Apple tetap memasang label privasinya di situs tersendiri. Mengenai label privasi ini, Cathcart mengkritik Apple yang dianggap menyembunyikan beberapa label seperti informasi pembayaran karena alasan yang tidak diketahui.

"Kalian tidak melihat label untuk iMessage ketika mengunduhnya karena kalian tidak mengunduhnya, itu sudah ada di ponsel kalian sejak awal. Dan kami sangat kritis akan hal itu," jelasnya.

Cathcart sendiri mengaku saat ini ia menggunakan ponsel Android karena basis pengguna WhatsApp di Android yang lebih besar.

"Saya juga menggunakan iPad, saya memakai iPhone selama beberapa tahun, tapi saya benar-benar ingin menggunakan produk seperti kebanyakan orang, jadi saya menggunakan Android," pungkasnya.



Simak Video "Keinginan Facebook Mengintegrasikan Semua Layanannya Segera Terwujud"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)