Pasca Drama Netizen Indonesia Merusuh Microsoft - Halaman 2

Kelakuan Netizen

Pasca Drama Netizen Indonesia Merusuh Microsoft

Tim - detikInet
Sabtu, 13 Mar 2021 17:29 WIB
Instagram Microsoft
Instagram Microsoft sempat ditutup komentarnya. Foto: Instagram

Sebelum ditutup, banyak postingan berbahasa Indonesia langsung muncul dan masih menyinggung soal riset Microsoft. "Hasil surveinya bikin gregetan," tulis sebuah komentar. "Maksud microsoft apa bilang apa warganet indo kurang sopan?" sebut yang lain.

"Para saudaraku dari Indonesia, Janganlah kita hujat, lebih baik kita introspeksi diri saja agar dinilai baik," tulis komentar yang lain, agar netizen tak lagi mengincar akun Microsoft.

Dipantau detikINET, Sabtu (13/3/2021) Instagram Microsoft sudah membuka kolom komentar seperti sebelumnya dan serangan netizen Indonesia sudah mereda.

Pengamat media sosial Enda Nasution beberapa waktu lalu menyebutkan, survei ini menjadi wake up call atau peringatan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong interaksi positif secara online.

"Artinya kan ada sebuah ukuran. Selama ini nggak tahu how bad kita. Jadi kita tahu kita posisinya ada di mana, dan kita mau ngapain setelah melihat hasil survei ini," ujar Enda dalam wawancara beberapa waktu lalu.

Enda berharap ke depannya ada pergerakan yang positif untuk memperbaikinya. Kalaupun tidak setuju dengan hasil survei DCI Microsoft ini, menurutnya sudah sepatutnya kita bergerak dan memiliki studi serupa yang juga terukur.

"Bahkan kita bisa bandingin misalnya berdasarkan provinsi atau rentang usia. Jadi ketahuan mana kelompok masyarakat yang tidak santun. Kalau ketahuan kita bisa menarget langsung ke sana. Jadi ini bukan cuma wake up call tapi perlu di-follow up. Selain meningkatkan kesantunan, kita juga perlu punya metodologi yang terukur," jelasnya.

(fyk/fay)