Semua Orang 'Ditelanjangi' di Internet, Ini Ilmu yang Harus Dipelajari

Semua Orang 'Ditelanjangi' di Internet, Ini Ilmu yang Harus Dipelajari

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 12 Mar 2021 18:30 WIB
Google punya caranya tersendiri untuk memerangi ISIS, yaitu dengan iklan. Raksasa mesin pencari itu akan menampilkan iklan anti ISIS ketika ada penggunanya yang googling soal ISIS ataupun gerakan-gerakan Islam radikal lainnya.
Ilustrasi pencarian di Google Search. Foto: Gettyimages
Jakarta -

Hampir semua orang bisa ditemukan lewat sentuhan jari di internet. Karenanya, ada ilmu yang harus kamu pelajari untuk menjaga diri di dunia maya termasuk membangun citra positif pribadi.

Ilmu tersebut adalah SEO atau search engine optimization. Ilmu ini mempelajari tentang penerapan teknik digital marketing guna mengoptimalkan halaman situs agar masuk laman satu di situs pencarian semisal Google. Tujuan utama dari SEO adalah untuk menempatkan suatu website agar muncul di urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Menurut Jon Earnshaw, Chief Product Evangelist Pi Datametrics, SEO penting digunakan tidak hanya untuk korporasi melainkan juga bagi personal.

"Contohnya Anda mencari nama saya, nama saya akan muncul dalam laman di Google. Ada juga video, foto. Dalam urusan personal branding, ini penting untuk pekerjaan misalnya untuk mencari kerja," ujarnya dalam acara 'Konferensi Press Online SEOCon Jakarta 2021', Jumat (12/3/2021).

"Jadi Anda mengontrol hasil pencarian tentang tentang diri Anda," sambungnya.

Viktor Iwan, Founder & CEO DOXA Digital, juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, SEO bukan hanya ilmu yang penting untuk perusahaan, pribadi pun penting untuk mempelajarinya. Apalagi mereka yang memiliki usaha berskala kecil, ini bisa dimanfaatkan untuk memajukan usaha mereka.

"Bahkan sebuah toko di daerah Senen yang tokonya hanya 4x2 bahkan bisa bersaing dengan Tokopedia. Semua bisa bersaing dari segi problem solving-nya. Mereka (ecommerce -- red) hanya satu web experience untuk semua pengguna, sedangkan toko ini bisa lebih fokus untuk pelanggan spesifik," tuturnya.

Untuk belajar mengenai SEO, Anda bisa mengikuti acara tahunan SEOCon Jakarta 2021 yang berlangsung selama tiga hari, 17-19 Maret dengan tema 'Search in the New World'. Acara yang dipromotori oleh Toffee Events ini akan diselenggarakan secara virtual menggunakan Virtual Exhibition Venue.



Simak Video "Park Seo Joon Dikabarkan Akan Bermain di Film 'The Marvels'"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)