Rabu, 26 Feb 2020 17:39 WIB

Tips Sukses Rintis Startup: Jangan Terlalu Ngoyo!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Seocon Suasana acara. Foto: Aisyah Kamaliah
Jakarta -

Kamu termasuk orang yang tengah merintis bisnis baru atau startup? Ada saran dari Valentin Savchenko, International Business Developer Promonavi Global nih, salah satunya jangan terlalu ngoyo!

"Jangan terlalu ambisius. Sudah ada Google dan Amazon, kamu bukan Steve Jobs," kelakarnya yang disambut tawa banyak orang dalam acara SEOCon 2020, Kota Kasablanka Mall, Rabu (26/2/2020).

Savchenko menjelaskan banyak orang yang terlalu ambisius sehingga merasa gagal ketika misalnya ia tidak mencapai target. Pada tahun pertama mungkin ambisi akan membara, tetapi pada tahun kedua dan seterusnya semuanya akan mulai menjemukan.

Selain itu, pria ini menuturkan pentingnya bekerja keras dan memutuskan kepentingan seperti misalnya menolak klien atau memutus hubungan kerja kepada pekerja yang dirasa memberikan pengaruh 'toxic' di perusahaan.

"Saya bertemu dengan tim yang hanya berisi empat orang dan sukses. Rahasianya? Mereka bilang ketika ada klien yang dirasa tidak cocok dari awal kami akan bilang 'tidak'," ujar Savchenko.

Terpenting, ia mengatakan untuk terus bekerja keras karena ia percaya tidak ada kesuksesan yang dilakukan dengan cara instan. Carilah ilmu tanpa henti dan berusaha memperkaya pengetahuan demi kepentingan bisnis.

"Terus belajar, kalian telah melakukan kerja baik karena kalian datang ke sini. Banyak konferensi yang diselenggarakan juga. Seru tau, kamu dapat inspirasi. Tapi datang ke satu konferensi saja tidak cukup, kamu bisa memperkaya dengan membaca buku," pungkasnya.



Simak Video "Sejumlah Kementerian Bakal Duduk Bareng Bahas Tuntas Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)