Wolverine, Alat Pendengar Canggih Ala Manusia Super

Wolverine, Alat Pendengar Canggih Ala Manusia Super

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 05 Mar 2021 20:31 WIB
ilustrasi telinga
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Induk perusahaan Google, Alphabet, tengah mengembangkan sebuah alat mungil namun super canggih. Alat tersebut memungkinkan manusia dapat memiliki pendengaran yang tajam.

Proyek terbaru Alphabet tersebut diberi kode nama Wolverine. Berbeda dengan karakter mutan besutan Marvel, Wolverine yang satu ini memungkinkan telinga manusia bisa meredam suara yang tidak diinginkan, misalnya di tempat yang ramai, maka dengan alat ini pendengaran jadi lebih fokus kepada satu suara.

Berdasarkan tangkapan layar dari proyek tersebut, tampak tim menampilkan banyak mikrofon dan menutupi seluruh telinga bagian atas.

Menurut Business Insider yang dikutip dari Pocket-lint, Jumat (5/3/2021) pada dasarnya alat ini seperti alat bantu pendengar manusia, namun lebih canggih saja dari yang biasanya. Alat versi terbaru ukurannya lebih kecil, sedangkan iterasi asli jauh lebih besar.

Alphabet mengerjakan proyek ini lewat X, sebuah divisi yang menciptakan kacamata pintar Google Glass, mobil otonom Waymo, hingga balon internet Loon, proyek yang dikenal publik, meskipun beberapa di antaranya berakhir dengan kegagalan.

Di proyek Wolverine ini, X mengerjakan dengan menggandeng sejumlah perusahaan teknologi di bidang pendengaran, seperti Starkey Hearing Technologies dan Eargo.

Disebutkan bahwa mereka tidak fokus pada satu perangkat atau aplikasi saja, melainkan semua bekerja sama membangun bisnis yang diharapkan menuai kesuksesan yang menawarkan banyak perangkat dan model.

Belum diketahui, kapan alat pendengar dengan kode nama Wolverine ini resmi diperkenalkan ke publik oleh Alphabet. Menurut detikers, proyek induk Google ini, bakal sukses atau tidak?



Simak Video "Bantah Layanannya Down, Begini Penjelasan Google Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)