Pemula Masih Bisa Jadi Content Creator Ternama, Tapi...

Pemula Masih Bisa Jadi Content Creator Ternama, Tapi...

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 05 Mar 2021 20:50 WIB
Happy asian woman vlogging with gimbal tripod and smartphone - Influencer chinese girl having fun with new trend technology - Millennial generation activity job, youth and tech concept - Focus on face
Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/DisobeyArt
Jakarta -

Saat ini media sosial sudah disesaki oleh bejibun nama content creator, mulai dari yang punya jutaan pengikut hingga public figure yang sudah punya banyak penggemar. Masih adakah peluang untuk pemula untuk jadi content creator ternama?

"Masih ada!" kata Edho Zell saat peluncuran program Samsung: Be Galaxy Creator yang digelar online, Jumat (5/3/2021).

Tapi, lanjut Edho, akan sulit bertarung ke audiens yang lebih besar. Sebab sudah banyak kreator yang sudah lebih dulu eksis dan selebriti yang punya market besar.

Pun begitu kesempatan yang ada saat ini jauh lebih terbuka untuk niece market atau yang spesifik. Dicontohkan saat ini banyak yang mereview mainan dan hobi-hobi.

"Sudah nggak bisa lagi berstrategi semua orang Indonesia kenal saya. Itu pasti berat karena lawannya creator yang sudah established dan selebriti," kata pria berusia 34 tahun ini.

"Sebagai content creator ini saatnya passion-nya apa, hobinya apa. Misal hobinya ponsel, maka ngulik-ngulik sampe ke dalam-dalamnya. Makin niche marketnya, makin punya ruang di dunia konten kreator, kalau yang umum sudah makin berat," imbuhnya.

Jadi Content Creator Pakai HP

Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, mengungkap saat ini banyak anak muda di Tanah Air berkeinginan menjadi content creator. Ini terlihat dari hasil pencarian Google tahun lalu di mana banyak yang menanyakan 'Bagaimana cara menjadi YouTuber pemula'.

Ini pula yang mendasari Samsung menggelar Galaxy Creator untuk mendukung anak muda di Indonesia meraih mimpinya menjadi content creator. Kegiatan ini sendiri menjadi bagian dari mengampanyekan #TetapSemangatIndonesia.

"Kami ingin membuka peluang bagi anak muda untuk menjawab tantangan saat pandemi dan supaya mereka membuat konten di media sosial memanfaatkan inovasi dari produk terbaru kami, Galaxy A02s dan Galaxy A12," ujar Irfan.

Pendaftaran Galaxy Creator mulai 5 - 18 Maret 2021 di sini. Dua peserta terpilih akan diumumkan sebagai pemenang pada tanggal 27 Maret 2021. Keduanya bakal mendapatkan kesempatan eksklusif mengikuti pelatihan (coaching session) yang dibimbing secara intensif oleh Edho Zell dan Dedy Irvan.

"Anak muda Indonesia yang berusia 17 - 28 tahun, memiliki akun medsos serta channel YouTube dengan subscriber kurang dari 1.000 bisa mendaftar mulai hari ini," ungkap Irfan

"Kedua orang yang terpilih akan dibekali Galaxy A12 dan paket peralatan mendukung pembuatan konten video," pungkasnya.



Simak Video "Jokowi Butuh Bantuan Content Creator Demi Percepatan Ekonomi Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)