Review Galaxy A02 dan M02, HP Rp 1 Juta Cocok untuk Pemula

Review Galaxy A02 dan M02, HP Rp 1 Juta Cocok untuk Pemula

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 22 Feb 2021 19:30 WIB
Galaxy A02 dan M02
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Usai merilis handphone (HP) paling gaharnya, Samsung lanjut memboyong perangkat entry levelnya ke Indonesia. Dua varian sekaligus yang dibawa, ada Galaxy A02 dan Galaxy M02.

Keduanya memang tidak dirilis bersamaan, hanya selang sepekan lebih. Meski serinya terlihat berbeda, ternyata jeroan Galaxy A02 dan M02 ini sama.

Alhasil pengalaman menggunakan dan kinerja yang didapat mirip. Karena itu detikINET menyatukan review kedua HP Rp 1 jutaan yang cocok untuk pemula. Berikut ulasan singkatnya.

Desain

Tidak ada perbedaan dimensi maupun bobot antara Galaxy A02 dan M02. Bodi keduanya ini terbilang besar, namun masih dapat digenggam erat di tangan dan tidak begitu berat.

Galaxy M02Bagaian belakang Galaxy M02 dan A02 dibuat berteksur garis. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bodi belakangnya menggunakan material plastik dengan motif garis-garis seperti bahan denim. Tidak terlihat murahan, bebas licin dan tak mudah kotor dengan noda sidik jari.

Layaknya Galaxy S21, Samsung menempatkan tombol power dan pengaturan volume di bagian kanan. Sementara di sisi kiri hanya menyisakan slot dual SIM card plus microSD yang mendukung hingga 1 TB.

Sisi bawahnya ada port jack audio 3,5 mm, speaker dan microUSB. Ya, Samsung masih mengadopsi port microUSB, padahal Galaxy A02s yang berada sedikit di atasnya telah menggunakan port USB Type C.

Galaxy M02Galaxy M02 dan A02 masih menggunakan port microUSB Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Vendor asal Korea Selatan ini beralasan supaya Galaxy A02 dan M02 bisa dijual murah. Mengingat ponsel ini ditujukan untuk pemula, penggunaan port microUSB tidak menjadi masalah. Terpenting dalam paket penjualannya Samsung masih menyertakan adaptor dan kebel datanya.

Galaxy A02 punya opsi warna hitam dan abu-abu. Sedangkan Galaxy M02 lebih berwarna dengan opsi Merah dan Biru.


Layar

Samsung mempergunakan panel PLS IPS pada Galaxy A02 dan M02. Saat digunakan di ruangan, tampilan layar cukup jelas, warna pun disuguhkan dengan baik. Tapi lain cerita ketika berada di luar, layar menjadi kurang maksimal untuk dilihat walau tingkat brightness sudah dimaksimalkan

Tapi untungnya Samsung memberikan solusi Mode Luar Ruangan. Mode tersebut dapat diaktifkan manual pada opsi Tampilan di bagian Settings. Ketika digunakan cukup mendongkrak kecerahan layar saat menggunakan Galaxy A02 maupun M02 di luar ruang dengan kondisi Matahari terik.

Galaxy A02Galaxy A02 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ukuran layar kedua ponsel ini 6,5 inch. Cukup lapang ketika menonton video di layanan streaming berbayar maupun mengikuti video conference saat sekolah online. Resolusinya memang HD+, tapi ketika digunakan menonton YouTube dapat memutar video 1080p. Hanya saja video yang diputar agak tersendat-sendat tidak selancar 720p atau di bawahnya.

Selanjutnya Kamera...