Elon Musk dan Dogecoin yang Tak Terpisahkan

Memburu Uang Digital

Elon Musk dan Dogecoin yang Tak Terpisahkan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 21 Feb 2021 20:30 WIB
Elon Musk sering menuliskan tweet yang kocak dan bikin orang yang melihatnya tertawa. Berikut ini contoh-contohnya.
Elon Musk dan Dogecoin. Foto: Twitter/@elonmusk
Jakarta -

Elon Musk nampaknya tergila-gila dengan Dogecoin, salah satu mata uang kripto yang bermula dari sebuah meme. Dogecoin merupakan mata uang digital yang diciptakan pada 2013, penguna dapat membelinya di bursa online atau menambangnya.

Dogecoin dulunya tidak memiliki nilai yang terbilang tinggi, sampai akhirnya CEO Tesla dan SpaceX mulai menuliskan tweet soal mata uang kripto bergambar anjing Shiba Inu tersebut.

"One Word: Doge," tulisnya. Elon Musk juga sering membagikan cuitan random dan meme terkait Dogecoin sehingga tingkat awareness terkait cryptocurrency yang satu ini naik, khususnya di kalangan penggemar pencetus PayPal itu.

Seperti diberitakan detikINET sebelumnya pada Januari silam, CEO Indodax Oscar Darmawan dalam keterangannya menyadari bahwa telah terjadi kenaikan harga setelah Elon Musk mengatakan Dogecoin adalah aset kripto favoritnya di Twitter.

"Elon Musk menyatakan Doge adalah aset kripto favoritnya di Twitter. Orang-orang melihat itu kemudian mereka membeli Doge. Karena permintaannya masif, tentu berpengaruh terhadap harganya," kata Oscar Darmawan dalam keterangannya.

Oscar mengatakan harga aset kripto Dogecoin meningkat drastis dalam kurun waktu setahun terakhir. Akan tetapi, ternyata itu tidak mempengaruhi perusahaan Elon Musk, Tesla, untuk berinvestasi dengan Dogecoin.

Tesla bulan lalu justru memilih investasi di Bitcoin, cryptocurrency yang menjadi pemimpin pasar. Investasi Tesla di Bitcoin mencapai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21 triliun. Kendati demikian, kekasih dari Grimes mengungkap bahwa apa yang dilakukan Tesla terkait keputusan tersebut tidak mencerminkan opini pribadinya.

Yang menarik, Musk sempat menawarkan untuk membeli Dogecoin dari para penimbun yang ia sebut dengan julukan 'crypto whales'. Menurutnya, pemegang besar ini merupakan satu-satunya hal yang menghalangi Dogecoin menjadi mata uang utama

"Jika pemegang Dogecoin utama menjual sebagian besar koin mereka, mereka akan mendapatkan dukungan penuh saya. Saya benar-benar akan membayar dalam bentuk dollar jika mereka membatalkan akun mereka," cuitnya.

Para pakar pun kerap memberikan pendapatnya terhadap ketertarikan Elon Musk pada Dogecoin dan dampak yang dihasilkan. Dari sini, nampaknya bisa langsung tergambarkan ya, seberapa besar pengaruh Elon Musk untuk pasar.



Simak Video "Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)