Libra dan Novi, Uang dan Dompet Digital Facebook

Memburu Uang Digital

Libra dan Novi, Uang dan Dompet Digital Facebook

Josina - detikInet
Minggu, 21 Feb 2021 16:45 WIB
Facebook Novi
Foto: Dok. Facebook
Jakarta -

Pada pertengahan tahun 2020 Facebook mengubah nama dompet digitalnya yang tadinya bernama Calibra menjadi Novi, yang terinspirasi dari dua kata latin, yaitu 'novus' dan via'.

Dalam postingan blognya, Facebook menjelaskan kalau novus dan via kurang lebih bakal berarti cara baru. Kini, Novi Financial akan menjadi nama baru untuk anak usaha Facebook yang bakal dikembangkan menjadi dompet digital mereka.

Nama baru ini adalah satu satu sejumlah perubahan yang dilakukan Facebook terhadap Calibra, yang sebelumnya diharapkan akan menjadi cara untuk mengakses mata uang digital mereka yang bernama Libra.

Dalam situs Novi dijelaskan kalau dompet digital tersebut mendukung sejumlah mata uang seperti Dollar Amerika Serikat, Poundsterling, dan Euro, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (20/2/2021)

Tentunya perubahan nama ini juga dibarengi dengan perubahan logo, karena logo Calibra pun awalnya sempat mengundang kontroversi karena mirip dengan logo startup bank bernama Current.

Kini logo Novi adalah tulisan 'NOVI' dengan logo Libra di dalam huruf 'O'-nya. Meski nama dan logonya diubah, Facebook menyebut misi Novi dan Libra tetaplah sama, yaitu mempermudah pengiriman uang layaknya pengiriman sebuah pesan.

Untuk bisa menggunakan Novi, Facebook mewajibkan penggunanya untuk memverifikasi memakai kartu identitas sesuai dengan negara masing-masing. Mereka pun menjanjikan tak akan ada biaya tersembunyi untuk setiap pengiriman uang yang terjadi, dan pengguna bakal mendapat dukungan berbasis chat setiap saat.

Facebook sendiri diperkirakan akan merilis Libra di tahun depan, tepatnya di bulan Januari. Kehadiran Libra akan meramaikan eksistensi mata uang kripto yang sudah ada.

Banyak bank sentral dan regulator mengkhawatirkan visi ini. Itulah sebabnya, Libra Association mengubah arah dan mulai mengerjakan beberapa stablecoin mata uang tunggal.

Seperti dikutip dari Financial Times, stablecoin adalah cryptocurrency yang nilainya tidak berfluktuasi terhadap mata uang fiat tertentu. Misalnya, satu unit stablecoin yang didukung USD selalu bernilai satu dolar. Libra menyebut USD, EUR, GBP atau SGD sebagai mata uang dasar untuk berbagai stablecoinnya.

Libra Association kini berencana meluncurkan satu koin yang didukung USD. Mata uang ini akan bersaing langsung dengan stablecoin lain, seperti USDC, PAX dan Tether (USDT). Ke depannya, Libra Association masih berencana untuk meluncurkan mata uang lain, tetapi belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

Menariknya, Libra Association, konsorsium yang dibentuk oleh Facebook, kini lebih realistis dan mau berkompromi dalam menjalankan rencana mereka merilis mata uang digital.

Saat pertama kali diperkenalkan, mata uang digital ini digadang-gadang sebagai mata uang baru yang terkait dengan mata uang fiat dan sekuritas. Awalnya, Libra ingin tak hanya berbasis pada satu mata uang, namun kombinasi berbagai mata uang.

Selain aplikasi sendiri yang memungkinkan mengirim dan menerima token Libra, pengguna akan dapat mengelola akun Novi dari Messenger dan WhatsApp. Facebook berharap pengguna akan mulai menggunakan Novi mengirim uang dan pembayaran peer-to-peer.

Belum diketahui apakah anggota Libra Association lainnya juga berencana meluncurkan layanan berbasis Libra mereka sendiri pada waktu yang sama. Anggota Libra Association di antaranya termasuk Farfetch, Lyft, Shopify, Spotify, dan Uber.



Simak Video "Facebook Uji Coba Aplikasi 'Sparked' Buat Kencan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)