Misteri Penemu Bitcoin

Memburu Uang Digital

Misteri Penemu Bitcoin

Tim - detikInet
Sabtu, 20 Feb 2021 10:07 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Ilustrasi bitcoin. Foto: DW (News)
Jakarta -

Mata uang digital Bitcoin tengah mengalami masa keemasan dengan nilai sudah tembus USD 50 ribu. Namun demikian, misteri masih melingkupi sosok pencipta Bitcoin. Belum dapat dipastikan identitas sang penemu yang sebenarnya.

Satoshi Nakamoto disebut sebagai pencipta Bitcoin. Namun identitasnya sangat misterius. Nakamoto ini hanya memberi peninggalan berupa tulisan. Ia menyatakan penulisan kode Bitcoin dimulai pada tahun 2007. Kemudian di Agustus 2008, dia disebut mendaftarkan domain bitcoin.org. Januari 2009, Nakamoto merilis versi 0.1 software Bitcoin.

Dia terus berkontribusi dalam rilis software Bitcoin dengan pengembang lain sampai kontaknya dengan tim dan komunitas itu berkurang pada 2010. Nakamoto disebut menyerahkan tampuk pimpinan pengembangan source code pada Gavin Andresen serta pengelolaan domain Bitcoin.org dan beberapa domain lain ke komunitas Bitcoin. Setelahnya, Nakamoto seperti hilang ditelan bumi.

Media dan mereka yang gemar Bitcoin sejak cukup lama berusaha menguak identitas penemu Bitcoin. Pada tahun 2014 lalu ada seorang bernama Dorian Nakamoto yang disebuh oleh Newsweek sebagai pencipta Bitcoin. Namun tuduhan tersebut tak terbukti, dan Dorian mengeluarkan hak jawabnya dengan menyebut bahwa ia bukanlah pencipta Bitcoin.

Tahun 2015, rumah seseorang yang diduga sebagai pencipta Bitcoin digeruduk kepolisian federal Australia. Rumah itu ditempati pebisnis Australia bernama Craig Steven Wright, yang namanya mendadak naik daun setelah diberitakan Wired dan Gizmodo. Dua media itu menyebut Wright kemungkinan adalah identitas asli Satoshi Nakamoto, nama pencipta Bitcoin.

Awal November 2015, Gizmodo menerima sejumlah email anonim dari dari seseorang yang mengklaim mengetahui identitas Satoshi Nakamoto dan mengaku bahwa ia adalah pegawai dari si pencipta Bitcoin tersebut.

"Saya meretas Satoshi Nakamoto. Ini adalah file yang berasal dari akun bisnis miliknya. Dan orang itu adalah Dr Craig Wright," tulisnya dalam email tersebut, yang disertai dengan sejumlah file yang sepertinya diambil langsung dari akun Outlook milik Craig Wright.

Halaman selanjutnya: Aneka orang lain yang diklaim sebagai penemu Bitcoin...