Taktik China Siapkan Yuan Digital Gantikan Dollar AS

Memburu Uang Digital

Taktik China Siapkan Yuan Digital Gantikan Dollar AS

Tim - detikInet
Minggu, 21 Feb 2021 06:50 WIB
Cina Terdepan Kembangkan Mata Uang Digital
Tak hanya teknologi, China serius mengembangkan mata uang digital, Yuan digital, yang digadang-gadang menggantikan posisi dolar AS sebagai mata uang global. Foto: DW (News)
Jakarta -

China tak ingin ketinggalan soal teknologi, termasuk mata uang digital. Yuan digital dipersiapkan sejak jauh-jauh hari yang digadang-gadang bisa menggantikan posisi dollar AS sebagai mata uang global.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Minggu (21/2/2021) inilah aneka langkah China mempersiapkan Yuan digital:

Siap 'Dominasi' Dunia

Pada September 2020, People's Bank of China (PBOC) disebut sudah melakukan uji coba di sejumlah wilayah di China. Penambang Bitcoin asal China Chandler Guo menyebut sistem pembayaran yang dibuat oleh China yang disebut dengan DCEP. Guo menyebutkan DCEP ini akan menjadi mata uang resmi China dalam versi digital dan akan menjadi mata uang global yang mendominasi.

"Suatu hari nanti semua orang di dunia akan menggunakan DCEP," kata dia.

Guo mengatakan keberhasilan DCEP ini dilandasi dengan banyaknya orang China yang berada di luar negeri. Kendati begitu, banyak yang mempertanyakan juga, pengembangan mata uang ini akan menimbulkan kekhawatiran jika uang itu digunakan untuk memata-matai warga China.

Sama seperti Bitcoin, DCEP menggunakan teknologi blockchain untuk memverifikasi transaksi. Dalam praktiknya blockchain ini tidak memerlukan bank jika ingin melakukan pembayaran satu sama lain.


Penampakan Yuan Digital

Pertama kali Yuan digital terdeteksi berasal dari tangkapan layar ini berasal dari aplikasi seluler milik Agricultural Bank of China. Munculnya Yuan digital pada kuartal pertama 2020 itu sempat bikin heboh jagat maya.

Dalam aplikasi tersebut terlihat jika aplikasi uang digital ini memiliki fungsi dasar yang mirip dengan platform pembayaran online lain. Misalnya Alipay dari Alibaba, WeChat Pay dari Tencent.

Saat itu Lembaga Penelitian Mata Uang Digital, People's Bank of China (PBOC) selaku pengawas pengembangan proyek ini justru enggan mengomentari tangkapan layar uang digital China tersebut. Pasalnya, hanya mereka yang tahu bagaimana bentuk asli mata uang digital tersebut dan hanya mereka pula yang berhak meluncurkan versi akhirnya.

Jika uang ini diluncurkan, maka China akan menjadi negara dengan ekonomi besar yang mengeksplorasi mata uang digital dan dikontrol oleh PBOC, mulai dari sistem desentralisasi yang mendasari cryptocurrency seperti Bitcoin dan tidak memerlukan administrasi dari otoritas pusat.

Uang Digital ChinaUang Digital China Foto: Dok. South China Morning Post


Mata Uang Digital Itu Masa Depan

Jack Ma, miliarder pendiri raksasa e-commerce China Alibaba mengingatkan mata uang digital baru, seperti Bitcoin dan Yuan digital China, dapat digunakan untuk membangun jenis baru sistem perbankan dan keuangan.

"Mata uang digital dapat menciptakan nilai dan kita harus memikirkan tentang bagaimana membangun jenis sistem keuangan baru melalui mata uang digital," kata Ma.

Belum diketahui bagaimana Yuan digital akan bekerja dengan aplikasi perbankan komersial yang populer di China.

Namun, Alipay dari Ant Group terbukti berhasil melakukan revolusi pembayaran di China hanya dalam beberapa tahun yang singkat. Alipay sekarang memiliki 700 juta pengguna aktif bulanan per akhir 2020.

>>>>> Halaman berikutnya mengenai undian uang digital dan ekosistem