JD.com Jadi yang Pertama Gunakan Uang Yuan Digital

JD.com Jadi yang Pertama Gunakan Uang Yuan Digital

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 08 Des 2020 10:18 WIB
LONDON, ENGLAND - APRIL 25: In this photo illustration of the litecoin, ripple and ethereum cryptocurrency altcoins sit arranged for a photograph beside a smartphone displaying the current price chart for ethereum on April 25, 2018 in London, England. Cryptocurrency markets began to recover this month following a massive crash during the first quarter of 2018, seeing more than $550 billion wiped from the total market capitalisation. (Photo by Jack Taylor/Getty Images)
JD.com Jadi yang Pertama Gunakan Uang Yuan Digital (Foto: Jack Taylor/Getty Images)
Jakarta -

JD.com akan menjadi mall virtual pertama di China yang akan menggunakan yuan digital, mata uang kripto yang didukung bank sentral China. Berbagai persiapan pun dilakukan raksasa retailer terbesar kedua di China ini.

JD Digits, perusahaan fintech yang berafiliasi dengan JD.com, akan meluncurkan program percobaan bulan ini. Pelanggan akan membayar barang-barang tertentu menggunakan yuan digital.

Melalui akun WeChat resmi mereka, JD.com mengatakan akan ada sekitar 100.000 voucher uang tunai digital senilai total 20 juta yuan. Uang digital ini akan dirilis untuk penduduk Kota Suzhou di provinsi timur Jiangsu pada 11 Desember.

Yuan digital sejauh ini telah digunakan di lebih dari empat juta transaksi, senilai total sekitar 2 miliar yuan. Menurut Gubernur Bank Rakyat China Yi Gang, bank sentral memulai pengujian untuk mata uang yuan renminbi online di beberapa kota pada April.

Seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa (8/12/2020) ini dilakukan untuk meningkatkan statusnya sebagai mata uang global, dan untuk membantu mengendalikan ekonomi domestik yang dengan cepat berubah menjadi digital.

Selanjutnya di bulan Oktober, pemerintah Kota Shenzhen memberikan total 10 juta yuan dalam bentuk mata uang digital kepada ribuan warga yang dipilih secara acak setelah kunjungan Presiden Xi Jinping ke kota di wilayah pantai selatan.

Dalam hal ini, JD Digits akan berkontribusi untuk mempromosikan perkembangan ekonomi digital dan riil dengan mendukung Bank Rakyat China dan pemerintah daerah meluncurkan program percontohan yuan digital di Suzhou.



Simak Video "CEO Indodax Beri Tips Investasi Bitcoin Bagi Pemula "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)