Warganet Ramai Lapor #Banjir di Media Sosial

Warganet Ramai Lapor #Banjir di Media Sosial

Tim - detikInet
Sabtu, 20 Feb 2021 08:15 WIB
Banjir di Mekarmukti Cikarang Utara
Foto: dok. Istimewa/Foto diberikan oleh narasumber bernama Diana
Jakarta -

Tagar #banjir menjadi trending topic di Twitter setelah sejumlah wilayah di Jabodetabek mengalami banjir usai diguyur hujan deras sejak Jumat malam (19/2/2021) hingga Sabtu pagi (20/2/2021).

Pantauan detikINET banyak warganet melaporkan banjir yang terjadi di daerahnya lengkap dengan foto dan video kondisi terkini. Tapi ada beberapa netizen yang sekadar menumpang tagar tersebut dengan kicauan yang tak berkaitan dengan banjir.








Lapor Banjir

Akun @petabencana kembali mengajak para netizen untuk melaporkan titik-titik banjir menggunakan tagar #banjir dan me-mention akun tersebut. Untuk diketahui PetaBencana adalah platform yang memuat peta kebencanaan khususnya banjir di wilayah Jabodetabek, dan sejumlah wilayah lain.

Para penggunanya bisa aktif melaporkan keadaan banjir di wilayahnya secara real time. Namun laporannya tentu akan diverifikasi terlebih dahulu sebelum disebarkan ke peta publik.

Selain menggunakan tagar #banjir Twitter, PetaBencana membuka laporan menggunakan Facebook dan Telegram. Untuk mengecek titik banjir bisa mengakses situs PetaBencana.id, lalu masukkan nama kota.

Petabancana.id untuk mengecek titik banjir di sejumlah tempat.Petabancana.id untuk mengecek titik banjir di sejumlah tempat. Foto: screenshot/detikINET








Simak Video "Penampakan Ratusan Rumah Terendam Banjir di Sidrap"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)