Apple Watch Bantu Deteksi Potensi Gagal Jantung Dini

Apple Watch Bantu Deteksi Potensi Gagal Jantung Dini

Josina - detikInet
Jumat, 19 Feb 2021 18:20 WIB
Apple Watch
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Monitor detak jantung yang terdapat pada Apple Watch telah menyelamatkan banyak nyawa penggunanya. Fiturnya tersebut kerap memberitahukan kepada pengguna akan adanya kemungkinan potensi masalah jantung dan diminta untuk diperiksa lebih lanjut ke medis.

Nah kini Apple akan memperluas fitur tersebut di mana dalam pengumuman dari University Health Network akan ada studi baru yang dipimpin oleh ahli jantung asal Kanada Dr Heather Ross dari Ted Rogers Center for Heart Research di mana mereka akan mencoba untuk menentukan apakah Apple Watch memiliki kemampuan untuk mendeteksi gagal jantung dini.

"Kami berpendapat bahwa data biometrik yang diperoleh dari Apple Watch dapat memberikan pengukuran kebugaran, penanda prognostik, dan sinyal peringatan dini yang sebanding, tepat, dan akurat, dibandingkan dengan diagnostik tradisional." kata Ross.

Deteksi dini penting untuk menangani kondisi kesehatan karena dalam beberapa kasus, mendeteksi masalah secara dini meningkatkan peluang untuk bertahan hidup dan pengobatan yang berhasil.

Studi ini akan berlangsung selama tiga bulan dan termasuk tindak lanjut selama dua tahun. Peserta akan diberikan Apple Watch Series 6 yang mencakup monitor oksigen darah dan iPhone.

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan UHN dan Dr Heather Ross untuk lebih memahami bagaimana sensor yang kuat di Apple Watch berpotensi membantu pasien menangani gagal jantung dengan lebih baik, dari kenyamanan rumah mereka sendiri," tambah Dr Sumbul Desai, Wakil Presiden Apple Health.



Simak Video "Si Canggih Apple Watch 6 dan Si Ekonomis Apple Watch SE"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)