Tak Cuma Clubhouse, Facebook Cs Bisa Diblokir Kalau Tak Daftar ke Kominfo

Tak Cuma Clubhouse, Facebook Cs Bisa Diblokir Kalau Tak Daftar ke Kominfo

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 19 Feb 2021 11:21 WIB
Clubhouse
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Clubhouse sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) berkewajiban mendaftarkan diri ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Jika tidak, maka dapat sanksi diblokir aksesnya.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Kominfo No 5 Tahun 2020, demikian diungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal (Ditjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo.

Dijelaskannya PM Kominfo No 5 Tahun 2020 terkait tata kelola pelaku penyelenggara sistem elektronik. Di dalamnya tertuang siapa saja PSE yang harus mendaftarkan diri ke Kominfo.

"Jadi tidak hanya Clubhouse, termasuk pula Facebook, Gojek dan lainnya. Mereka wajib mendaftar," kata pria yang kerap disapa Semmy ini.

PSE KominfoPSE Kominfo Foto: Kominfo

Kewajiban melakukan pendaftaran bagi PSE dilakukan sebelum sistem elektronik mulai digunakan oleh pengguna, yakni 6 bulan sejak PM No 5 Tahun 2020 diundangkan pada tanggal 24 November 2020. Bilamana PSE tidak mendaftar, maka aksesnya akan diblokir.

"Kan mendaftar itu cuma melapor. Seperti kalau kamu bertamu di rumah saudara, pasti disuruh lapor ke Pak RT kalau bertamunya lama," terang Semmy.

"Masa dia (Clubhouse) bisnis di Indonesia nggak lapor, ya musti laporlah, cuma laporan doang. Masa yang di Indonesia saja yang melapor," tambahnya.

Semmy menegaskan bukan hanya Clubhouse, semua PSE bisa diblokir bilamana tidak mendaftar dalam jangka waktu yang telah ditentukan tadi. Pendaftaran ini gunanya untuk melindungi warganet sebagai pengguna layanan.

Dicontohkannya, bila suatu saat Clubhouse menghadirkan layanan berbayar, lalu ada masalah dengan penggunanya, maka proses keluhan pelanggan dapat jelas prosesnya.

Pendaftaran PSE sendiri bisa dilakukan secara online di link berikut ini. Sehingga pihak Clubhouse tidak perlu datang ke Indonesia.

Pantauan detikINET di situs Kominfo, saat ini masih 12 PSE yang telah mendaftar, yakni:

PSE KominfoPSE Kominfo Foto: screenshot/detikINET

Clubhouse Bisa Untuk Sharing Ilmu

DetikINET sempat bertanya apakah Semmy pernah menjajal Clubhouse. Sosok berkacamata ini mengaku sudah join ke media sosial berbasis audio-chat itu.

Kendati masih baru menggunakan, dia menilai Clubhouse sangat menarik. Semmy mengibaratkan aplikasi buatan Paul Davison dan Rohan Seth itu seperti komunikasi radio 2 meteran yang populer beberapa dekade lalu.

"(Clubhouse) Ini keren. Sebenarnya teknologi lama, tapi dia buat dalam sebuah platform, keren itu orang (Paul Davison dan Rohan Seth)," puji Semmy.

Menurutnya Semmy, Clubhouse bisa menjadi media sharing ilmu yang bisa bikin otak berkembang. Terlebih mediumnya audio, sehingga lebih hemat dalam penggunaan data.

"Ini sangat menarik karena setiap orang bisa ngomong. Saya saja lagi mikirin bikin kelas di Clubhouse," pungkasnya.

Mau tau soal Clubhouse, simak di podcast Obat Gaptek berikut ini



Simak Video "Serba-serbi Clubhouse: Tengah Digandrungi, Kini Terancam Diblokir Kominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)