Asal Usul Video 'Jack Ma' Jadi Tukang Servis AC

Asal Usul Video 'Jack Ma' Jadi Tukang Servis AC

Tim - detikInet
Senin, 08 Feb 2021 05:42 WIB
Jack Ma ac
'Jack Ma' sedang membetulkan AC. Foto: istimewa
Jakarta -

Sempat menghilangnya Jack Ma membuat publik dunia heboh. Bahkan sebuah video yang disebut menampakkan sang pendiri Alibaba sedang membenarkan pendingin udara atau AC beredar di media sosial.

Video itu marak kembali mulai Januari 2021 kemarin, baik di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube sampai TikTok. Salah satu video yang populer telah dilihat di Facebook lebih dari 45 ribu kali.

Video berdurasi sekitar 10 detik itu menunjukkan seorang pria sedang duduk di atas unit pendingin udara. Ia tampak tersenyum lebar sambil membetulkan perangkat tersebut.

Salah satu yang populer berjudul 'Jack Ma ditemukan di Puchong'. Puchong sendiri adalah sebuah kota yang terletak di Malaysia.

Walau memang sangat mirip, tentunya netizen bisa menebak bahwa orang di video itu bukan Jack Ma yang sebenarnya. Lagipula tidak masuk akal bahwa orang sekaya Jack Ma mendadak jadi tukang servis AC. Namun demikian, mungkin ada juga yang percaya.

Diketahui bahwa video itu sudah cukup lama beredar. "Menggunakan perangkat verifikasi digital, terlacak jika video 'kembaran' Jack Ma sedang membetulkan pendingin udara sudah beredar sejak setidaknya tahun 2018," tulis AFP yang dikutip detikINET.

Salah satu media pertama yang menuliskannya adalah ETtoday di Taiwan pada 4 Juli 2018. "Benar-benar kloningan. Orang yang mirip Jack Ma ini memanjat untuk memperbaiki AC. Bagaimana bisa dia hanya jadi tukang listrik dengan wajah itu?" tulis mereka.

"Wajah yang sama tapi nasibnya beda. Keduanya mirip Jack Ma, tapi yang satu bos dan yang satunya memperbaiki pendingin udara," tambah media itu.

Mereka menyebut bahwa video itu viral di China daratan. Jack Ma sendiri sudah muncul baru-baru ini secara online saat berbicara dengan para guru teladan di China.



Simak Video "Jack Ma yang Kalem di Kemunculan Perdananya Usai Menghilang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)