Jeff Bezos dan Jack Ma Tak Lagi Sama

Jeff Bezos dan Jack Ma Tak Lagi Sama

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 07 Feb 2021 07:03 WIB
Jeff Bezos Jack Ma
Jeff Bezos dan Jack Ma. Foto: BBC
Jakarta -

Tak dapat dipungkiri bahwa Jeff Bezos dan Jack Ma merupakan pentolan teknologi yang sangat terkenal. Namun seiring berjalannya waktu, dua pria dengan harta berlimpah itu tak lagi sama. Maksudnya?

Keduanya mendirikan raksasa toko online dari nol, tentunya dengan perjuangan besar, yang membuat nama mereka melambung. Baik Bezos maupun Ma pun gemar tampil dan berbicara di publik, tak pelit berbagi inspirasi.

Nah, Jack Ma sudah pensiun dari posisi Chairman Alibaba di tahun 2019. Ia kemudian berkiprah di jagat filantrofi meski tak sepenuhnya lepas mengawasi Alibaba dan juga anak perusahaannya, Ant Financial.

Jeff Bezos baru saja menyusul resign dari posisi CEO Amazon. Ia memang masih ada di Dewan Direksi Amazon, akan tetapi tentu tak mengurus Amazon seintens dulu dan mengaku akan lebih berkiprah di perusahaannya yang lain.

Dengan demikian, Jack Ma dan Jeff Bezos sudah berkurang perannya sebagai wajah Alibaba maupun Amazon. Bisa dikatakan era mereka sudah mulai berlalu sebagai pentolan kedua perusahaan.

Apalagi Jack Ma mendadak kemudian menghilang 3 bulan sebelum akhirnya muncul kembali. Pidatonya yang mengkritik sistem keuangan pemerintah China berbuntut panjang, hingga Alibaba dan Ant pun diinvestigasi.

Bezos sendiri sebenarnya tak lepas dari masalah. Saat Donald Trump masih presiden, ia dituding tidak membayar pajak yang seharusnya. Kemudian kondisi kerja di Amazon sering jadi sorotan, di mana buruh dinilai diupah kurang layak.

Di masa Biden, bukan berarti Bezos dan Amazon langsung lolos dari masalah tersebut. Namun demikian, pemerintahan Biden sepertinya lebih mengincar Facebook atau Google.

"Baik Jack Ma dan Jeff Bezos akan terus memainkan peran di perusahaan-perusahaan yang mereka dirikan. Namun sang pendiri Amazon mungkin bisa lebih rileks tanpa harus cemas terlalu banyak tentang pemerintah," sebut BBC yang dikutip detikINET, Minggu (6/2/2012).



Simak Video "Mundur dari CEO Amazon, Jeff Bezos Tulis Pesan untuk Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)