Jeff Bezos Pergi, Mark Zuckerberg Kini Seorang Diri

Jeff Bezos Pergi, Mark Zuckerberg Kini Seorang Diri

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 04 Feb 2021 22:15 WIB
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg CEO Facebook. Foto: Associated Press
Jakarta -

Para pendiri raksasa teknologi di Amerika Serikat satu per satu meninggalkan posisi CEO dan beralih pada kesibukan lain. Terbaru adalah Jeff Bezos resign sebagai CEO Amazon, toko online yang ia lahirkan. Maka sepertinya, tinggallah bos Facebook Mark Zuckerberg seorang diri masih menjadi pendiri yang CEO.

Kita lihat saja contoh lainnya. Steve Jobs karena alasan kesehatan sudah mundur dari posisi CEO Apple tahun 2011 digantikan oleh Tim Cook yang bertahan sampai sekarang.

Sementara Bill Gates sudah lama tidak menjadi CEO Microsoft untuk berkecimpung di dunia kemanusiaan melalui yayasannya. Sedangkan Alphabet, induk Google, tidak lagi banyak digawangi oleh Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Google. Posisi CEO Alphabet diserahkan pada pria kelahiran India, Sundar Pichai.

Seperti dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (4/2/20121), memang ada sosok Elon Musk yang menjadi CEO Tesla, tapi dia tidak campur tangan kala perusahaan kendaraan listrik ini didirikan pada tahun 2003.

"Mark Zuckerberg sudah memimpin Facebook tanpa gangguan sejak mendirikan perusahaan tersebut di tahun 2004. Dia adalah yang terakhir dari sosok sejenisnya," tulis CNBC.

Memang tak seperti pentolan teknologi lainnya, Zuckerberg memegang mayoritas voting sebagai pemegang saham Facebook. Maka kepemimpinannya relatif tanpa gangguan meski kadang ada kontroversi menerpanya. Dengan kata lain, Zuck sukar digulingkan dari CEO Facebook.

Lagipula Zuck terhitung sangat sukses membesarkan Facebook. Keputusan akuisisinya juga bagus, terutama pembelian WhatsApp dan Instagram yang saat ini mengukuhkan dominasi Facebook di dunia media sosial.

Faktor lainnya, Mark Zuckerberg terhitung masih sangat muda, saat ini usianya baru 36 tahun. Maka sepertinya, dia masih akan awet menjadi CEO Facebook sampai bertahun-tahun mendatang.



Simak Video "Mundur dari CEO Amazon, Jeff Bezos Tulis Pesan untuk Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)