Bukan Signal, Mark Zuckerberg Dibikin Gelisah dengan Kompetitor Ini

Bukan Signal, Mark Zuckerberg Dibikin Gelisah dengan Kompetitor Ini

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 31 Jan 2021 05:30 WIB
Mark Zuckerberg
Bukan Telegram atau Signal, Ini Perusahaan yang Bikin Zuckerberg Panas Dingin. Foto: shutterstock
Jakarta -

Pengguna WhatsApp diketahui migrasi besar menuju Signal dan Telegram setelah adanya kontroversi terkait kebijakan privasi baru pengguna. Namun bukan kedua kompetitor itu yang bikin Mark Zuckerberg gelisah dan panas dingin.

CEO Facebook Mark Zuckerberg menggunakan kata sambutan dalam rapat pendapatan kuartal keempat perusahaan untuk mengatakan pihaknya semakin melihat Apple sebagai salah satu pesaing terbesarnya. Zuckerberg juga mengecam Apple atas perubahan privasi yang akan datang.

Diketahui Apple bersiap untuk perubahan perangkat lunak yang akan secara jelas menanyakan pengguna iPhone dan iPad apakah mereka ingin membagikan informasi mereka untuk tujuan pelacakan iklan. Akan tetapi, industri periklanan online diperkirakan akan terpukul karena sejumlah pengguna memilih untuk tidak membagikan informasi tersebut.

Facebook, yang memperoleh hampir semua pendapatannya dari iklan online, blak-blakan tentang perubahan tersebut. Zuckerberg, dalam komentarnya, justru menyarankan Apple untuk fokus menggunakan posisinya dalam membantu layanannya sendiri, terutama layanan iMessage, yang bersaing dengan layanan Messenger dan WhatsApp Facebook.

"Apple memiliki setiap insentif untuk menggunakan posisi platform dominan mereka untuk mengganggu cara kerja aplikasi kami dan aplikasi lain, yang secara teratur mereka lakukan untuk memilih milik mereka sendiri," katanya.

"Ini mengaruhi pertumbuhan jutaan bisnis di seluruh dunia, termasuk dengan perubahan iOS 14 yang akan datang," sambung Zuckerberg.

Zuckerberg juga mengulang beberapa kali argumen Facebook tentu perubahan privasi Apple yang dirasa malah akan mempersulit kemampuan bisnis kecil untuk menjangkau pelanggan mereka dengan iklan yang ditarget.

"Apple mungkin mengatakan mereka melakukan ini untuk membantu orang-orang, tetapi langkah-langkah tersebut dengan jelas melacak minat pesaing mereka. Kami dan orang lain akan melawan ini di masa mendatang," tandasnya sebagaimana dilansir CNBC.



Simak Video "Gara-gara Ini, Facebook Dikabarkan Bakal Gugat Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/asj)