Nasib Sebenarnya Jack Ma Masih Dipertanyakan

Nasib Sebenarnya Jack Ma Masih Dipertanyakan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 24 Jan 2021 05:35 WIB
Jack Ma
Kemunculan Jack Ma. Foto: istimewa
Jakarta -

Jack Ma sudah muncul kembali dalam sebuah video berdurasi 50 detik, di mana ia menyapa para guru teladan seantero China. Akan tetapi, walau kabar ini melegakan dan saham Alibaba langsung melesat, beberapa pakar menilai kehadiran kembali Jack Ma masih diselimuti misteri.

Jack Ma memang dalam kondisi sehat, tapi ada beberapa ketidakjelasan seperti di mana lokasinya dan apakah sang pendiri Alibaba dalam keadaan bebas.

"Bagaimana keadaan dia sebenarnya itu tergantung pada Beijing untuk mengungkapkannya pada kita. Apakah Jack Ma bebas kesana kemari, Jack bersembunyi atau yang lainnya, tidaklah jelas. Ada banyak dari cerita ini yang masih belum kelihatan," cetus Leland Mlller, CEO perusahaan konsultasi China Beige Book.

"Ya kita semua tahu bahwa hanya karena dia menunjukkan diri, tidak berarti menjelaskan apa yang sedang terjadi," cetus William Huston, pendiri Bay Street Capital Holdings yang dikutip detikINET dari Reuters.

Menurut sumber, Jack Ma memilih low profile dan diam semenjak kritikannya pada sistem keuangan China membuat dua perusahaannya, Alibaba dan Ant diinvestigasi pemerintah. Namun ada diskusi di Alibaba bahwa dia harus muncul untuk menenangkan investor.

Walau sudah pensiun, Jack Ma masih berpengaruh sebagai wajah Alibaba. Maka ketidakjelasan kabarnya membuat harga saham Alibaba terus menurun. Maka diputuskan Jack Ma muncul dengan tetap menunjukkan kesan low profile dan bagian dari aktivitas rutinnya.

Maka, dipilihlah event penghargaan guru yang sudah berlangsung rutin. Dia berbicara pada 100 guru soal penghargaan Jack Ma Rural Teachers Award sebagai salah satu aktivitas filantrofi yayasannya pada para guru. Penghargaan itu diberikan di lokasi Kota Sanya.

Kemunculannya membuat lega investor Alibaba meski beberapa pertanyaan masih mengemuka. "Kemunculan kembali Jack Ma yang tak terduga, sama seperti menghilangnya secara mendadak, sepertinya pertanda hubungannya dengan regulator Beijing telah stabil. Itu tak berarti kerajaan korporat Jack Ma sudah bebas dari rasa cemas," ujar Brock Silvers dari Kaiyuan Capital.



Simak Video "Jack Ma yang Menghilang Lalu Muncul Lagi Sudah Direncanakan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)