Lebih Banyak Mana, Netizen Pro atau Kontra Abu Janda?

Lebih Banyak Mana, Netizen Pro atau Kontra Abu Janda?

Tim - detikInet
Selasa, 02 Feb 2021 12:01 WIB
Permadi Arya alias Abu Janda saat mendatangi gedung Bareskrim (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Foto: Permadi Arya alias Abu Janda saat mendatangi gedung Bareskrim (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Permadi Arya alias Abu Janda tengah jadi bahasan terkait kasus hukum yang menimpanya. Pakar media sosial dari Drone Emprit, Ismail Fahmi, membeberkan soal peta perbincangan netizen di media sosial khususnya Twitter, mengenai topik pro dan kontra Abu Janda.

Dalam postingannya beberapa waktu silam, Ismail sempat membeberkan bahwa cluster kontra Abu Janda lebih banyak alias lebih mendominasi pada tanggal 30 Januari. Akan tetapi pada hari Minggu (31/1), kondisi berbalik di mana cluster pro Abu Janda menjadi lebih banyak.

Nah, bagaimana dengan update terbaru? Untuk memetakan postingan pro dan kontra ini, Ismail dan Drone Emprit menggunakan Social Network Analysis (SNA). Seperti apa hasilnya untuk hari ini?

"Untuk tren hari ini, saya melihat seimbang antara yang pro dan kontra AJ," papar Ismail Fahmi pada detikINET, Selasa (2/2/2021). Berikut analisis terbaru dari Drone Emprit mengenai cluster pro dan kontra Abu Janda:

Drone Emprit AJFoto: Drone Emprit

"Akun-aku media online lebih dekat ke cluster kontra, artinya berita-berita banyak di-share oleh yang kontra AJ. Sementara pihak pro AJ tidak memanfaatkan berita dari media," tambah Ismail.

Dipaparkan pula bahwa Alissa Wahid berada di tengah peta dan banyak link (mention) dari pro Abu Janda, karena banyak diserang oleh akun-akun yang pro AJ. Demikian juga yang terjadi dengan akun Susi Pudjiastuti.

Mengenai siapa saja yang mencuit soal Abu Janda, analisis BOT dari Drone Emprit hari ini menunjukkan bahwa percakapan mayoritas dilakukan oleh akun natural, meski tetap ada bot. "Saya lihat bot ada di kedua cluster," jelas Ismail.

Drone Emprit AJFoto: Drone Emprit

Mengenai tren ke depan, Ismail memprediksi topik Abu Janda akan mengalami penurunan pembahasan di media sosial, baik dari pihak pro maupun yang kontra, seperti terlihat dalam kurva berikut:

Drone Emprit AJFoto: Drone Emprit


Simak Video "Penyebab Twitter Blokir Akun yang Nge-tweet Kata 'Memphis'"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)