Kudeta Militer, Warga Myanmar Minta Tolong di Twitter

Kudeta Militer, Warga Myanmar Minta Tolong di Twitter

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 01 Feb 2021 14:37 WIB
Bagan,Myanmar-March 4,2012:Election 2012 poster of Aung San Suu Kyi and her party,NLD, the National League for Democracy.
Foto: Getty Images/lonelytravel
Jakarta -

Militer Myanmar mengumumkan mengambil alih kekuasaan selama 1 tahun dan menahan pemimpin Aung San Suu Kyi. Warga dunia jadi penasaran dibuatnya.

Myanmar menjadi trending topic Twitter dunia dengan 298 ribu tweet, seperti dipantau siang ini, Senin (1/2/2021). Banyak netizen berbagi link berita internasional.

Banyak juga kecaman dari netizen di luar negeri. Sementara warga Myanmar minta doa semoga negara mereka aman-aman saja. Namun, nge-tweet dari Myanmar gampang-gampang susah karena pihak militer mencekik koneksi internet.

Salah satu akun influencer yang jadi rujukan adalah Aye Min Thant, mantan wartawan Reuters dan kini jadi pengajar teknologi di Myanmar Innovation Lab Phandeeyar. Dia banyak mencuit soal situasi terbaru di Myanmar.

Ada pula beberapa thread Twitter yang viral menggambarkan kejadian kudeta dari malam sampai siang hari ini. Banyak juga curhatan soal internet putus di Myanmar.

Inilah sebagian tweet warga Myanmar minta doa dan minta tolong di Twitter:

Sebelumnya, Myo Nyunt, juru bicara Partai Liga Demokrasi Nasional (NLD) yang menaungi Suu Kyi dan kini berkuasa di Myanmar, membenarkan kabar penahanan Suu Kyi oleh militer Myanmar. Myo Nyunt menuturkan bahwa Suu Kyi dan beberapa tokoh senior pemerintahan lainnya ditahan di ibu kota Naypyitaw. Salah satu tokoh senior yang ditahan adalah Presiden Myanmar, Win Myint.

Setelah itu Militer Myanmar menetapkan keadaan darurat dan mengumumkan pihaknya mengambil alih kekuasaan atas pemerintah Myanmar selama 1 tahun. Kekuasaan diserahkan kepada Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing.



Simak Video "Militer Myanmar Copot 24 Menteri-Deputi Era Suu Kyi"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)