Obat Gaptek: Perlukah Beralih dari WhatsApp ke Telegram atau Signal?

Podcast detikINET

Obat Gaptek: Perlukah Beralih dari WhatsApp ke Telegram atau Signal?

Tim detikINET - detikInet
Selasa, 19 Jan 2021 07:02 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Belum lama ini WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru yang memicu kehebohan dua miliar penggunanya. Imbasnya banyak pengguna yang kemudian kabur ke Telegram dan Signal karena khawatir soal privasinya.

Setelah timbul kegaduhan, WhatsApp mengeluarkan klarifikasi kalau kebijakan baru tersebut hanya berlaku untuk percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API dan memilih provider hosting di luar WhatsApp.

Tapi klarifikasi tersebut tidak jua meredam kehebohan yang terjadi. Ditambah lagi kompetitornya langsung agresif merayu para pengguna WhatsApp untuk migrasi ke platform mereka.

Tak ingin penggunanya berpaling ke lain hati, WhatsApp akhirnya memutuskan untuk menunda pemberlakuan kebijakan baru hingga Mei mendatang. Sayangnya banyak pihak menilai hal tersebut tidak akan membendung arus perpindahan.

Menjadi pertanyaan perlukah kita ikut-ikutan beralih dari WhatsApp ke Telegram atau Signal? Nah ini yang menjadi topik pembahasan di podcast Obat Gaptek bersama pengamat keamanan cyber Alfons Tanujaya. Detikers bisa menyimak obrolannya berikut ini:



Simak Video "Mengenal Pendiri Telegram dan Signal yang Kerap Menyerang WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)