Ini Kecepatan Provider Internet Indonesia Saat Streaming Netflix

Ini Kecepatan Provider Internet Indonesia Saat Streaming Netflix

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 12 Jan 2021 10:00 WIB
Tak lama setelah Netflix resmi masuk Indonesia, Telkom memblokir layanan video on demand tersebut dari bermacam jaringan internet miliknya.
Ilustrasi Netflix (Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati)
Jakarta -

Netflix memperbarui laporan Indeks Kecepatan penyedia layanan internet (ISP) di 190 negara saat streaming layanan mereka. Nah berapakah kecepatan penyedia layanan internet di Tanah Air?

Untuk menawarkan streaming kepada penggunanya, Netflix mengonversi video ke format yang dikodekan. Baru-baru ini, mereka membuat format pengkodean baru yang mengantarkan konten dengan kualitas yang sama atau lebih tinggi dengan ukuran file yang lebih kecil (atau kecepatan bit).

Pengkodean yang lebih efisien ini menawarkan keuntungan besar bagi pelanggan dan internet service provider (ISP). Mereka dapat melakukan streaming video dan audio berkualitas lebih tinggi dengan bandwidth yang sama atau lebih sedikit. Sementara bagi ISP, jumlah permintaan dalam jaringan mereka akan berkurang.

"Oleh karena pengkodean kami yang lebih efisien diluncurkan dalam skala yang lebih besar di Netflix, kami telah memperbarui laporan Indeks Kecepatan ISP dengan pengukuran kinerja baru agar kompatibel dengan lanskap pengkodean dan streaming yang berubah," ujar Netflix dalam keterangan resminya, Selasa (12/1/2021).

Indeks Kecepatan ISP dirancang untuk mengukur penyedia layanan internet mana yang menyediakan pengalaman streaming Netflix terbaik pada jam tayang utama. Sebelumnya, cara mengukur kinerja ISP mengasumsikan bahwa dua ISP yang mentransfer jumlah Megabit per detik (Mbps) yang sama masih dapat memberikan pengalaman kualitas yang berbeda, tergantung pada perangkat yang digunakan untuk menonton.

Pengukuran kinerja baru memperhitungkan perbedaan antara perangkat dan skema pengkodean untuk setiap pelanggan dan paket Netflix mana yang mereka miliki.

"Pada prinsipnya, pertanyaan mendasarnya adalah, Jika semuanya setara (dengan pengecualian lalu lintas jaringan Seluler), bagaimana kecepatan ISP dapat dibandingkan?" terang Netflix.

"Penting untuk dicatat bahwa ISP yang bekerja secara luar biasa dalam menyediakan pengalaman Netflix berkualitas tinggi kepada anggota akan tetap menduduki peringkat yang tinggi. Kami mengecualikan faktor-faktor yang tidak dapat dikontrol oleh ISP, seperti kombinasi perangkat anggota, agar tidak memengaruhi kecepatan dan peringkat mereka," tambahnya.

Selain memperbarui pengukuran kecepatan ISP, Netflix memanfaatkan kesempatan ini untuk memperbarui peringkat ISP agar lebih relevan dan mudah digunakan. Kecepatan ISP sekarang akan dibulatkan hingga ke 0,2 Mbps terdekat, bukan 0,01 Mbps seperti sebelumnya, karena perbedaan kualitas kurang dari 0,2 Mbps tidak signifikan bagi pelanggan.

Netflix juga mengizinkan peringkat kinerja ISP untuk menyertakan beberapa ISP dengan tingkat kinerja yang sama untuk pertama kalinya. Misalnya, dalam laporan terbaru di Amerika Serikat, tujuh ISP semuanya termasuk dalam tingkat kinerja terbaik.

Laporan terbaru juga menunjukkan tujuh negara dan wilayah yang termasuk dalam tingkat performa teratas. Ada Thailand, Swiss, Singapura, Belanda, Hong Kong, Belgia, dan Australia semuanya mencatat rata-rata 3,8 Mbps dalam hal kecepatan keseluruhan.

Bagaimana Indonesia? Berikut indeksnya.

NetflixNetflix Foto: netflix


Simak Video "Kronologi Meninggalnya Produser Netflix Usai Diracuni Rekan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)