Ternyata, Jack Ma Sudah Diramal Akan Dijegal

Ternyata, Jack Ma Sudah Diramal Akan Dijegal

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 06 Jan 2021 18:45 WIB
Jack Ma
Jack Ma. Foto: Reuters
Beijing -

Jack Ma memang banyak jasanya bagi perkembangan ekonomi China dan juga menjadi wajah negara itu lantaran kharisma dan jago berbicara. Namun demikian, terindikasi pemerintah China sudah cukup lama was-was dengan sepak terjang sang pendiri Alibaba.

Sebuah artikel yang dipublikasikan media corong pemerintah China, People's Daily, pada sekitar setahun silam jadi perbincangan hangat di media sosial. Artikel opini itu diterbitkan beberapa hari setelah Jack Ma pensiun dari Alibaba pada 10 September 2019.

Pada intinya, People's Daily mengkritik status Jack Ma seakan adalah idola besar dan banyak jasanya seorang diri. "Tidak ada era yang disebut sebagai era Jack Ma, hanya era di mana ada Jack Ma," tulis People's Daily ketika itu.

"Tak ada keraguan bahwa Alibaba perusahaan sukses, juga tak bisa dibantah pengaruh Jack Ma pada Alibaba. Tapi, memberikan kredit pada sukses perusahaan hanya pada pemimpinnya sangat tidak realistis," tambah media itu.

Dituliskan bahwa entrepreneur sukses dan perusahaan yang berhasil bergantung pada latar belakang zaman di mana mereka dapat berkembang. People's Daily menyebut bahwa kondisi ekonomi yang diciptakan oleh pemerintah China-lah yang membuat perusahaan jadi sukses, sehingga bukan hanya faktor individu.

"Bibit hanya bisa tumbuh menjadi pohon yang tinggi di tanah dan kondisi iklim yang cocok. Tidak ada era yang disebut sebagai era Jack Ma, hanya era di mana ada Jack Ma. Hanya individu yang berhasil memanfaatkan peluang di zamannya bisa mencapai potensi mereka. Bisa Jack Ma, Piny Ma, Elon Musk, kita sebagai rakyat biasa, tidak ada perkecualian," tulis People's Daily.

Sekitar setahun kemudian, Jack Ma yang terus diidolakan dan nyaris tanpa gangguan berbicara mengkritik pemerintah China soal regulasi keuangan yang telah usang. Mungkin karena sudah lama gerah, pemerintah China jadi marah dan menjegal Jack Ma serta perusahaannya.

"Beijing dengan jelas menyatakan perusahaan seperti Alibaba telah tumbuh terlalu besar untuk tetap diizinkan mengembangkan power ekonominya dan karakter seperti Ma harus dikendalikan," ucap mantan eksekutif Huawei, William Plummer. Jack Ma pun kena batunya sekarang.



Simak Video "Misteri Keberadaan Jack Ma Jadi Trending Topic"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)