Fakta Jack Ma, Miliarder Alibaba yang Kini Menghilang

Fakta Jack Ma, Miliarder Alibaba yang Kini Menghilang

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 06 Jan 2021 05:43 WIB
Jack Ma Alibaba
Fakta seputar Jack Ma. Foto: Reuters
Jakarta -

Jack Ma yang merupakan miliarder dan bos dari Alibaba seperti menghilang dari peredaran. Sosoknya pun menjadi salah satu orang yang paling banyak dicaritahu saat ini.

Seperti apa profil dan fakta terkait dirinya? Berikut ini dirangkum detikINET dari AI Trends, Rabu (6/1/2021):

1. Nama asli Jack Ma

Siapa nama asli Jack Ma? Pria berusia 56 tahun ini merupakan seorang pengusaha dan filantropi asal negeri China. Ia miliki nama asli Ma Yun dan beristrikan Cathy Zhang.

2. Belajar bahasa Inggris otodidak

Ketika berusia 12 tahun, Jack Ma sangat bersemangat untuk mempelajari Bahasa Inggris. Caranya dengan menjadi tour guide untuk para turis secara gratis. Ia akan mengusahakan untuk mengendarai sepedanya ke sebuah hotel di Hangzhou sekitar 40 menit dari rumahnya.

Di sini ia tidak hanya belajar bahasa namun juga sistem kemasyarakatan, metode dan teknik orang-orang barat. Inilah yang membuatnya menjadi sosok yang sangat modern dan berpikir global.


3. Pernah ditolak Harvard... 10 kali

Saat World Economic Forum 2015, Ma mengaku ditolak oleh Harvard University selama 10 kali.

"Saya mendaftar ke Harvard 10 kali, mendapatkan penolakan 10 kali dan saya bicara pada diri saya sendiri 'Suatu hari nanti saya akan mengajar di sana," ucapnya.

Dan benar saja. Tahun 2002, Jack Ma mendapatkan kesempatan untuk memberikan speech. Jack Ma dikenal sebagai 'mad man' atas usahanya mengembangkan Alibaba -- dalam artian positif.

4. Ditolak kerja di KFC

Thanks to KFC. Jack Ma kini bisa melakukan hal yang jauh lebih besar dengan mendirikan perusahaannya sendiri.

Cerita bermula tepatnya setelah ia meninggalkan karir lima tahunnya sebagai guru Bahasa Inggris pada tahun 1995. Ma mulai mencari peluang lain. Salah satu dari 30 pekerjaan yang dia incar adalah bekerja di cabang KFC lokal di Hangzhou, tetapi dia ditolak oleh restoran cepat saji tersebut. Yang menambah penghinaan, dia adalah satu-satunya pelamar yang ditolak dari 24 kandidat. Dengan kata lain, 23 orang lainnya yang melamar masuk, dan Ma adalah satu-satunya orang yang tidak diterima.

Setelah itu, ia melanjutkan bisnisnya sendiri, yaitu perusahaan penerjemahan dan interpretasi skala kecil.



Simak Video "Masih Soal Misteri Menghilangnya Jack Ma"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)