Jack Ma, di Manakah Kau Berada?

Jack Ma, di Manakah Kau Berada?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 03 Jan 2021 11:15 WIB
Jack Ma pisah
Jack Ma. Foto: Reuters
Jakarta -

Jack Ma suka tampil di depan publik, berpidato dengan kalimat inspiratif ataupun bergaya bak bintang rock. Ia selalu menjadi bahan pemberitaan karena bicaranya yang ceplas ceplos dan kadang jenaka. Namun sudah hampir 3 bulan Jack Ma tidak lagi menampakkan diri.

Hal itu menjadi pemberitaan beberapa media di mancanegara, terutama setelah dia tidak tampak di acara reality show televisi yang dibintanginya. 'Jack Ma disappears from his own talent show', begitu judul di media keuangan Financial Times.

'Mystery as Chinese billionaire Jack Ma disappears from his own reality show after criticising regime', tulis The Sun yang berbasis di Inggris. Ya, belum munculnya Jack Ma mulai dipertanyakan.

Jack Ma tak lagi berbicara ke publik atau media semenjak IPO perusahaan fintech yang ia dirikan, Ant Financial, dibatalkan atas regulasi pemerintah China. Terakhir kali ia berpidato mengkritik sistem keuangan China yang ia anggap ketinggalan zaman dan membuat marah regulator.

Ant pun menjadi sasaran investigasi atas dugaan praktik bisnis yang menyimpang. Belum lama ini, Alibaba juga diselidiki secara resmi oleh pemerintah China lantaran dianggap melakukan praktik monopoli.

Terakhir, dikutip detikINET dari Daily Mail, Jack Ma seharusnya muncul dalam final reality show bertajuk Businesss Heroes, ajang cari bakat pebisnis yang digelar di Afrika, tapi tidak tampak. Padahal beberapa waktu silam Jack Ma sempat menyatakan sudah tidak sabar untuk bertemu dengan para kontestan.

"Karena masalah jadwal, Mr Ma tidak bisa lagi menjadi bagian panel dewan juri pada final Business Heroes Afrika," begitu penjelasan juru bicara Alibaba.

Jack Ma dilaporkan telah diminta menghadap regulator keuangan China dan kemudian diharapkan tidak bepergian ke luar negeri terlebih dahulu. Karena masalah yang menimpa perusahaannya, harta Jack Ma juga telah anjlok sekitar USD 11 miliar sehingga terlempar ke posisi ketiga orang terkaya di China.

Laporan lainnya mengatakan ia baik-baik saja. Mungkin Jack Ma sedang memikirkan solusi atas permasalahannya dan memastikan perusahaannya mematuhi regulasi baru yang ditetapkan pemerintah China. Bagaimanapun, Jack Ma dianggap banyak berjasa bagi perkembangan teknologi dan bisnis China. Kita nantikan saja kabarnya.



Simak Video "Masih Soal Misteri Menghilangnya Jack Ma"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/agt)