Makanan Cupang hingga Monstera Laku Keras di Tokopedia Sepanjang 2020

Makanan Cupang hingga Monstera Laku Keras di Tokopedia Sepanjang 2020

Nurcholis Ma - detikInet
Senin, 04 Jan 2021 16:30 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia merilis sembilan kategori produk yang paling laris dibeli sepanjang tahun 2020. Produk-produk tersebut laku keras dan diminati masyarakat seiring perubahan perilaku dan aktivitas selama pandemi. Ada yang pernah kamu beli?

Kesembilan produk tersebut di antaranya produk olahraga, dekor kamar, tanaman, koleksi cupang, masak di rumah sendiri, elektronik WFH, makanan dan pakaian lokal, produk bersih-bersih, dan produk new normal. Berikut daftar lengkapnya, dikutip dari Instagram resmi Tokopedia, Senin (4/1/2021):

1. Olahraga

Di dalam kategori ini, sepeda lipat, matras, yoga, dan smartwatch merupakan tiga produk paling terlaris sepanjang tahun 2020. Seperti diketahui gara-gara pandemi, tren olahraga dan terutama bersepeda masyarakat semakin meningkat.

Sebanyak 200 unit sepeda lipat merek lokal Element Indonesia bahkan terjual habis hanya dalam 40 detik lewat peluncuran eksklusif di Tokopedia beberapa waktu lalu. Hal ini berhasil memecahkan rekor MURI untuk penjualan sepeda lipat terbanyak dalam waktu satu menit.

2. Dekor Kamar

Smart lamp, keranjang kayu, dan makrame menjadi produk yang laris dalam kategori. Aktivitas di rumah aja akibat pandemi ternyata membuat sebagian masyarakat menghabiskannya dengan mendekor ulang hiasan di kamar dan rumahnya.

Peningkatan penjualan juga dirasakan mitra penjual Tokopedia. Misalnya Dewa Collection Bali, UMKM yang menjual berbagai produk makrame mengalami kenaikan penjualan hingga 450% hanya dalam beberapa bulan pandemi. Omzetnya mencapai puluhan juta.

3. Tanaman

Tanaman hias juga menjadi salah satu kategori produk yang laris sepanjang tahun 2020. Tanaman jenis Kaktus dan Monstera menjadi dua contoh jenis tanaman yang laku keras dibeli masyarakat lewat Tokopedia.

4. Koleksi Cupang

Selain merawat flora, ternyata masyarakat juga gemar merawat fauna di tahun 2020. Uniknya, mereka memilih ikan cupang yang notabene tak terlalu sulit untuk dirawat. Tren tersebut terlihat dari produk akuarium pot dan makanan cupang yang laris di Tokopedia.

5. Masak di Rumah Sendiri

Punya waktu luang di rumah ternyata membuat sebagian masyarakat mulai menjajal ingin memasak sendiri menu makanan yang akan disantapnya. Hal itu terlihat dari tren penjualan produk wajan dan air fryer yang meningkat di Tokopedia.

6. Produk Elektronik WFH

Wifi Extender, mouse wireless, dan webcam merupakan tiga dari beberapa produk elektronik yang paling laku selama kebijakan kerja dan melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Produk-produk tersebut bisa jadi akan terus dipakai selama penerapan WFH.

7. Makanan dan Produk Lokal

Selain mengubah cara belanja dari offline ke online, pandemi juga ternyata berdampak ke masyarakat yang semakin melirik produk-produk lokal. Buktinya produk lokal seperti kimono outer, sepatu sneaker, hingga spaghetti beef merek lokal laku keras di Tokopedia.

8. Produk Bersih-bersih

Selama pandemi, rumah menjadi tempat ternyaman untuk segala aktivitas. Hal ini juga barangkali yang membuat produk sandal lap pel dan vacuum robot laris dibeli masyarakat. Mereka semakin rajin membersihkan rumah dan memilih tidak keluar untuk menghindari terpapar virus.

9. Produk New Normal

Masker, hand sanitizer, dan face shield sebagai starter kit protokol kesehatan memang sangat dibutuhkan masyarakat selama pandemi berbulan-bulan ini. Wajar saja jika produk ini laku keras sepanjang tahun 2020.



Simak Video "Dikabarkan Mau Merger, Ini Respons Gojek-Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)