Crazy Rich Jeff Bezos Kasih Alamat Email-nya ke Publik, Buat Apa?

Crazy Rich Jeff Bezos Kasih Alamat Email-nya ke Publik, Buat Apa?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 16 Des 2020 21:44 WIB
Jeff Bezos
Bos Amazon Jeff Bezos membiarkan alamat email-nya terbuka untuk publik (Foto: Associated Press)
Jakarta -

Bos Amazon Jeff Bezos membiarkan alamat email-nya terbuka untuk publik. Kepada CNBC Make It, ia mengaku memiliki alamat email publik Amazon untuk memberikan umpan balik dan keluhan pelanggan.

jeff@amazon.com adalah email yang digunakan oleh Jeff Bezos. Ia pun mengaku tidak keberatan meski ada banyak email yang masuk setiap harinya ke email tersebut.

"Ya benar. Saya masih banyak membaca itu (email-email yang masuk -- red)," tulis Bezos dilansir CNBC, Rabu (16/12/2020).

Tapi yang jadi pertanyaan, sebagai orang terkaya di dunia dan seorang CEO, mengapa repot-repot memiliki akun yang pastinya serasa diteror dengan email yang membludak?

"Saya memperlakukan setiap masalah yang saya dengar dari pelanggan sebagai peluang untuk berkembang," seperti tertuang dalam buku baru, 'Invent & Wander: The Collected Writings of Jeff Bezos'.

Meskipun jeff@amazon.com adalah alamat email utama Bezos, dia tidak dapat membaca semua email yang dia terima di sana sendiri. Ia juga memilih membaca email-email yang membuat rasa penasarannya tergerak. Bezos mengatakan sebagian besar email yang dia dapatkan dari pelanggan adalah keluhan.

"Biasanya itulah alasan orang-orang mengirimi kami pesan - karena kami telah mengacaukan pesanan mereka," akunya.

Bezos pun menanggapi email itu dengan serius. Misalnya, jika dia mendapat keluhan tentang suatu kerusakan, dia akan meminta timnya untuk melakukan studi kasus dan menemukan akar penyebab atau masalahnya. Setelahnya mereka bergegas untuk memperbaiki masalah tersebut.

"Jadi, saat Anda memperbaikinya, Anda tidak hanya memperbaikinya untuk satu pelanggan itu. Anda memperbaikinya untuk setiap pelanggan, dan proses itu adalah bagian besar dari apa yang kami lakukan," jelas Bezos.



Simak Video "Ambisi Bos Amazon untuk Perpanjang Umur Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)