Harta Bill Gates Disalip Elon Musk Karena Keseringan Sedekah

Harta Bill Gates Disalip Elon Musk Karena Keseringan Sedekah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 25 Nov 2020 10:01 WIB
Bill Gates vs Elon Musk
Elon Musk dan Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta -

Elon Musk baru saja menyalip kekayaan Bill Gates. Terus melonjaknya valuasi perusahaan mobil listrik Tesla, membuat pundi-pundi harta Musk menurut Bloomberg Billionaires Index saat ini berada di angka USD 136 miliar.

Adapun Bill Gates sang pendiri Microsoft kekayaannya USD 129 miliar. Pemilik Amazon, Jeff Bezos, masih kokoh di posisi pertama dengan harta diestimasi USD 183 miliar.

Bill Gates dahulu selalu menempati posisi pertama orang terkaya sebelum digeser Bezos dan kini juga disalip oleh Musk. Sebenarnya, ia berpotensi tetap berada di ranking satu jika tidak terlalu banyak beramal.

Ya, melalui yayasannya Bill & Melinda Gates Foundation, sudah begitu banyak uang diberikan Gates untuk aksi kemanusiaan. Adapun Musk dan Bezos terpantau masih sangat sedikit mengeluarkan uangnya ke filantrofi.

"Bill Gates bersama istrinya Melinda, telah memberikan sekitar USD 50 miliar dalam seperempat abad terakhir menurut data Chronicle of Philantrophy," tulis New York Post yang dikutip detikINET.

Dari tahun 2017 sampai 2019 saja, mereka menyumbangkan USD 5,5 miliar. Sekitar 10 sampai 20% dari total kekayaan Gates telah ia berikan melalui yayasannya itu.

Gates pula yang bersama sahabatnya Warren Buffet menginisiasi program Giving Pledge, di mana para orang terkaya diharapkan menyumbangkan sebagian besar uangnya secara bertahap.

Sepak terjang Musk belum terlalu terdengar di bidang kemanusiaan, tapi sebenarnya ia turut bergabung dalam program Giving Pledge, bersama sekitar 200 orang kaya lain. Pada tahun 2018, Musk pernah berjanji akan rutin menyumbangkan saham Tesla senilai USD 100 juta untuk amal.

Sedangkan Bezos mulai terlihat niatnya dalam urusan kemanusiaan. Belum lama ini, mengumumkan donasi USD 100 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun untuk membantu mereka yang terdampak pandemi Corona di Amerika Serikat.

Pada awal tahun ini, Bezos juga telah berjanji mengucurkan dana USD 10 miliar untuk membantu para ilmuwan, aktivis dan kelompok lain dalam merawat Bumi serta mengendalikan perubahan iklim. Namun tetap saja ia belum menandingi Bill Gates.



Simak Video "Bill Gates Ramal Covid-19 akan Setara Flu di Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)