Postingan Medsos Musisi Dunia di Prambanan Jazz Jadi Promosi Indonesia

Postingan Medsos Musisi Dunia di Prambanan Jazz Jadi Promosi Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 10 Des 2020 17:30 WIB
Gelaran musik Prambanan Jazz tahun ini menampilkan sederetan musisi terbaik dalam negeri. Tak hanya itu, ada pula penampilan spesial dari Boyz II Men juga Rick Price yang meramaikan acara. Yuk, simak penampilan mereka!
Prambanan Jazz tak terelakkan jadi wadah music tourism. Foto: Gus Mun
Jakarta -

Prambanan Jazz tak terelakkan jadi wadah music tourism. Uniknya, ternyata lewat unggahan musisi yang ada di Prambanan Jazz bisa jadi cara tak terduga mempromosikan Candi Prambanan.

Anas Syahrul Alimi otak di balik Prambanan Jazz menyampaikan hal tersebut dalam kuliah online 'd'Youthizen Virtual Class bersama Vivo V20 | V20 SE', Kamis (10/12/2020).

"Tidak harus meminta mempromosikan Prambanan itu sendiri, kok. Para musisinya juga beberapa posting di Instagram foto Candi Prambanan. Kenny G juga sempat foto di Candi Prambanan. Jadi ini juga cara kita memperkenalkan budaya Indonesia," tutur Anas.

Dalam kesempatan yang sama, Anas membagikan kesulitan melakukan perizinan untuk acara yang namanya sudah sampai ke kancah internasional ini.

"Prambanan Jazz tempat yang dilindungi UNESCO. Dari segi perizinan kami bukan cuma keramaian tapi perizinan dari kebudayaan. Tidak boleh melebih desibel sekian, lighting tidak boleh mengganggu candi," jelasnya.

Namun ia mengaku senang karena Prambanan Jazz bisa menjadi wadah untuk membangun ekosistem music tourism di Indonesia. Ia menyebutnya sebagai diplomasi budaya secara internasional.

Prambanan Jazz sendiri 'menjual' dua mahakarya yakni Candi Prambanan itu sendiri dan juga musik. Karena itu pihaknya berusaha untuk menghadirkan musisi yang hebat. Musisi internasional yang hadir bahkan minimal mendapatkan nominasi Grammy. Untuk musisi Indonesia, Prambanan Jazz menjaring lintas generasi, bahkan banyak musisi yang belum terkenal namun memiliki potensi luar biasa juga diajak tampil di festival musik tersebut.

"Music tourism kita belum berjalan kuat, di luar itu ada Coachella. Saya pikir dengan banyaknya festival ini bisa membuat ekosistem music tourism. Dari Papua nonton Prambanan Jazz itu sudah termasuk music tourism," tutupnya.

d'Youthizen Virtual Class disponsori oleh vivo V20 | V20 SE. Kini vivo V20 | V20 SE dapat dibeli melalui layanan Whatsapp atau delivery service dari vivo Indonesia. Dan dapatkan juga promo menarik hanya di Toko Resmi vivo Indonesia melalui platform e-commerce. Cek info lebih lanjutnya di vivo.com/id sekarang.



Simak Video "Pakai Musik di Instagram Bebas Masalah Hak Cipta, Asalkan..."
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)