Bill Gates Tolak Vaksinasi Anak-anaknya, Hoax or Not?

Bill Gates Tolak Vaksinasi Anak-anaknya, Hoax or Not?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 09 Des 2020 21:45 WIB
Bill Gates Senior
Beredar hoaks Bill Gates tolak memvaksinasi anak-anaknya. Foto: Facebook
Jakarta -

Bill Gates dikabarkan telah menolak vaksinasi untuk anak-anaknya. Isu ini beredar setelah beberapa media seperti The Truth Seeker UK menuturkan mereka telah berbincang dengan dokter keluarga Gates.

"Saya tidak tahu apakah dia telah memvaksinasi mereka saat dewasa, tetapi saya dapat memberitahu Anda dia langsung menolak untuk memvaksinasi mereka saat masih anak-anak," kata dokter itu pada simposium medis di balik pintu tertutup di Seattle berdasarkan klaim media tersebut.

Apakah hal tersebut benar adanya? Mengutip Reuters, Rabu (9/12/2020) artikel tersebut tampaknya berasal dari YourNewsWire (sekarang disebut NewsPunch) pada tahun 2018, yang telah dihapus. Editor NewPunch.com mengonfirmasi kepada Reuters bahwa artikel tersebut telah dihapus ketika YourNewsWire pindah ke Newspunch pada tahun 2018.

"Standar editorial kami telah berubah secara signifikan sejak artikel tersebut diterbitkan, dan kami tidak lagi mendukung pernyataan yang dibuat dalam artikel tersebut," jelasnya.

Artikel tersebut juga tidak memberikan informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan sumber, seperti nama dokter atau kejadian tepat tentang penolakan Bill Gates untuk memvaksinasi anak-anaknya.

Lebih lanjut, Reuters tidak dapat menemukan informasi atau referensi lain yang berkaitan dengan klaim ini dari organisasi berita besar. Bill dan Melinda Gates pun dikenal atas upaya mereka dalam mengembangkan dan mendistribusikan vaksinasi di seluruh dunia melalui inisiatif kesehatan global di yayasan mereka.

Melinda Gates bahkan pernah mengonfirmasi dalam postingan Facebook April 2019 bahwa ketiga anaknya telah divaksinasi secara penuh. Dengan demikian, pernyataan Bill Gates tidak memvaksinasi anaknya adalah hoax.



Simak Video "Setelah Pandemi, Bill Gates Ramal Bencana di Masa Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)