Bill Gates: Konspirasi Menyebar Lebih Cepat Dibanding Kenyataannya

Bill Gates: Konspirasi Menyebar Lebih Cepat Dibanding Kenyataannya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 08 Okt 2020 07:12 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 27:  Bill Gates, the co-Founder of the Microsoft company and and co-Founder of the Bill and Melinda Gates Foundation, delivers a speech during a press conference at the Solidays festival, on June 27, 2014 in Paris, France. Bill Gates visited the 16th edition of the Solidays music festival, dedicated to the fight against AIDS.  (Photo by Thierry Chesnot/Getty Images)
Bill Gates bicara soal konspirasi COVID-19. Foto: Getty Images/Thierry Chesnot
Jakarta -

Bill Gates memberikan pendapatnya mengenai konspirasi seputar COVID-19. Ia menyebutkan konspirasi lebih cepat menyebar dibandingkan informasi yang sebenarnya.

"Ada yang bilang ada seseorang yang secara sengaja membuat virus ini. Ada beberapa konspirasi, hal-hal ini bisa menyebar sangat cepat," ucap sang pendiri Microsoft tersebut.

Platform digital ialah media yang disebut Bill Gates menjadikan konspirasi seputar COVID-19 beredar dengan cepat dibandingkan dengan informasi nyata tentang apa yang saat ini terjadi. Ia juga mengatakan sudah seharusnya perusahaan mengambil tindakan untuk informasi yang menyesatkan seperti seruan tidak menggunakan masker.

"Atau (ajakan) tidak melakukan vaksinasi, padahal ini alat-alat untuk kembali ke kehidupan normal," tambah suami dari Melinda Gates ini, sebagaimana dikutip dari CNBC.

Tentu ini tidaklah mudah karena perusahaan teknologi dan media sosial harus menyikapi secara bijak bagaimana membatasi atau menutup konten yang menyesatkan dengan kebebasan berpendapat.

Selain itu, Bill Gates sempat menyinggung soal masyarakat yang sudah mulai melek dengan informasi di internet yang dibuktikan dengan antusiasme terhadap film dokumenter 'The Social Dilemma' yang ditayangkan di Netflix.

Beberapa waktu lalu, Gates juga menyampaikan kekhawatirannya kepada penyebaran informasi di platform messaging seperti WhatsApp yang pesannya dienkripsi. Tak menutup kemungkinan isu antivaksin dan lainnya yang berisi konten misinformasi tidak terfilter oleh WhatsApp.

Bill Gates sendiri salah satu sosok yang kerap terserat dalam konspirasi COVID-19. Tuduhan kepada Gates salah satunya adalah bisnis vaksin corona yang tengah ia kembangkan bersama beberapa organisasi dan badan peneliti.



Simak Video "Ayah Bill Gates Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)