5 Hal yang Cuma Diingat Anak Warnet Jadul

5 Hal yang Cuma Diingat Anak Warnet Jadul

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 05 Des 2020 17:15 WIB
warnet Nvidia di malang
Ilustrasi main warnet (Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan)
Jakarta -

Warung internet alias warnet menyimpan berbagai kenangan indah dari masa kecil dulu. Kalau kamu mengalami hal ini, fix sih kamu anak warnet sejati! Warnet dulu populer karena saat itu masih belum banyak orang yang memiliki personal computer (PC), apalagi smartphone juga belum begitu berkembang saat itu. Makanya tidak heran deh kalau anak-anak muda memilih menghabiskan waktu luang mereka ke warnet.

Dihimpun detikINET, Sabtu (5/12/2020) berikut ini beberapa kenangan yang pastinya nggak bakal terlupakan deh bagi anak warnet:

1. Tim paketan atau reguler?

Begitu sampai di hadapan layar komputer, billing lumba-lumba bakal menyambut si anak warnet. Di sini ada pilihan untuk memakai billing paket atau reguler. Kebanyakan dari anak warnet pasti memilih paket karena jauh lebih murah. Paketnya pun beragam dari 1 jam, 3 jam, 5 jam, sampai 10 jam. Edan!

2. Playlist abang warnet yang itu-itu saja...

Headphone di warnet kadang tidak berfungsi, makanya anak warnet harus sabar-sabar mendengarkan playlist pilihan si abang warnet yang itu-itu saja. 'Welcome To My Life' dari Simple Plan, kumpulan lagu reggae, 'Dear God' milik Avenged Sevenfold, atau 'Fall for You' Secondhand Serenade.


3. Flashdisk kena virus

Warnet dijadikan tempat mulai dari mengerjakan tugas sampai tempat download lagu untuk disimpan di flashdisk. Di sini lah muncul prahara bala-bala virus yang harus discan pakai Smadav.

4. Internet lemot

Komputer yang mendadak nge-hang, habis itu karena takut billing jalan terus tanpa bisa melakukan apa-apa, anak warnet langsung laporan kepada operator. Biasanya sih kalau abangnya baik, anak warnet bakal ditambahkan waktu 10 menit supaya tidak merasa ada waktu yang terbuang sia-sia.

5. Folder rahasia abang warnet

Di antara puluhan folder yang ada, tersimpan suatu rahasia si abang warnet. Biasanya folder ini dinamakan dengan nama yang biasa saja tapi begitu diklik... kok isinya begini ya? Haha, ini buat yang ngerti-ngerti saja.



Simak Video "'Generasi 90an: Melankolia' Akan Dibuat Versi Web Series"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)