Bangga! Onno W Purbo Dapat Penghargaan Dunia Bidang Internet

Bangga! Onno W Purbo Dapat Penghargaan Dunia Bidang Internet

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 19:04 WIB
Praktisi IT
Onno W Purbo, pakar teknologi Indonesia menang penghargaan bergengsi Jonathan B Postel Service Award (Foto: Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Internet Society (ISOC) organisasi nirlaba global menyerahkan kepada pakar teknologi asal Indonesia Onno W Purbo penghargaan bergengsi Jonathan B Postel Service Award. Penghargaan ini diserahkan para Rabu (18/11/2020).

Jonathan B Postel merupakan suatu penghormatan kepada para mereka yang berjasa di bidang internet dan biasanya adalah orang-orang punya semangat 'gila' melakukan terobosan.

Kepada detikINET, Onno sapaannya menyampaikan cerita awal ia mendapatkan penghargaan tersebut. Semua dimulai dari dorongan rekannya yang juga ilmuwan komputer Prof Kilnam Chon asal Korea Selatan.

"Dia bilang 'No, coba kamu masukin ke Jonathan B Postel Award. Dua kali dimarahin, dua kasih submit nggak diterima," kenangnya.

Ketiga kali saat dia ingin mengajukan kembali, ternyata ia dikejar deadline. Prof Kilnam Chon juga sampai ragu bahwa Onno bisa mengajukan bukti baktinya di dunia internet kepada Internet Society secara tepat waktu.

Ternyata, setelah tiga kali mengajukan dan bersaing dengan banyaknya ilmuwan hebat lainnya di seluruh dunia, Onno dinyatakan sebagai penerima Jonathan B. Postel Service Award tahun ini. Saat menerima penghargaan Onno mengatakan bahwa ia percaya akses informasi bisa didapatkan dengan alat sederhana.

"Poinnya kita bisa pakai alat sederhana untuk memenuhi hak akses informasi soal pengetahuan, ini merupakan fondasi utama supaya suatu negara bisa maju ke depan. Pekerjaan ini belum selesai," ucapnya.

Sebagai informasi tambahan, dalam penghargaan tersebut, Onno terpilih karena julukannya sebagai 'Pembebasan Internet Indonesia'. Onno diketahui sebagai perintis koneksi Internet pertama di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan menggunakannya untuk membangun jaringan pendidikan pertama di Indonesia.

Onno juga menjadi salah satu penggagas deregulasi frekuensi WiFi dan memperkenalkan warung internet (warnet), jaringan RT-RW-Net dan jaringan selular komunitas di Indonesia. Selain itu, beliau memainkan peran kunci dalam demokratisasi akses internet, sehingga internet menjadi lebih terjangkau terutama di kawasan-kawasan pedesaan Indonesia.



Simak Video "Twitter Alihkan Kepemilikan Akun Presiden AS ke Joe Biden"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)