Toko di Jepang Pakai Robot Ingatkan Pakai Masker dan Jaga Jarak

Toko di Jepang Pakai Robot Ingatkan Pakai Masker dan Jaga Jarak

Josina - detikInet
Kamis, 19 Nov 2020 15:19 WIB
robot jepang Robovie
Foto: Robovie
Jakarta -

Sebuah toko di Jepang gunakan robot untuk bantu para stafnya memastikan pelanggannya menggunakan masker dan melakukan jaga jarak untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Robot ini dinamai Robovie yang dikembangkan oleh firma robotik terkemuka Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) dan menawarkan untuk memandu kepada pelanggan toko yang menjual merchandise resmi klub sepak bola yang berbasis di Osaka, Cerezo Osaka.

Robovie menggunakan kamera canggih yang dikombinasikan dengan teknologi sinar laser 3D dan kecerdasan buatan untuk memandu pengoperasiannya. Seperti mendeteksi pelanggan yang tidak memakai masker atau mengamati jaga jarak.

Dilansir detiKINET dari Gizmo China, Kamis (19/11/2020) hadirnya Robovie adalah sebagai tanggapan inovatif di tengah kondisi pandemi virus COVID-19. Dan perusahaan teknologi seperti ATR memberikan solusi dengan kehadiran robot tersebut yang sudah diujicobakan selama sebulan di toko tersebut.

Hingga saat ini, Jepang memiliki lebih dari 120 ribu kasus COVID-19 yang dilaporkan dan sekitar 2 ribu kematian. Mengingat Jepang dekat dengan China tempat virus itu menyebar, Jepang dinilai mampu menangani pandemi lebih baik dibandingkan negara-negara lain.

Potensi robot yang memainkan peran penting dalam merespons wabah penyakit di masa depan sangat menjanjikan. Robot dianggap telah memainkan peran penting termasuk di pusat isolasi dan rumah sakit dengan memberikan solusi yang aman untuk situasi yang sangat berisiko dan berbahaya bagi manusia.



Simak Video "Melihat Kerja Robot 'Bob', Tukang Bangun Rumah Otomatis"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)